Jerawat Tak Kunjung Sembuh? Coba Perhatikan Kebiasaan-kebiasaan Ini

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Tidak diragukan lagi, jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum di seluruh dunia. Meskipun berbagai faktor dapat mempengaruhi kulit kita, salah satu yang sering diabaikan adalah kebiasaan sehari-hari yang kita miliki. 

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Kebiasaan yang tampak sepele seperti menyentuh wajah atau penggunaan produk perawatan kulit yang salah dapat menjadi pemicu jerawat yang tak terduga. 

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich
Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

Dalam artikel ini, Viva akan menjelajahi berbagai kebiasaan penyebab jerawat yang perlu dihindari. Dengan memahami faktor-faktor ini, kamu bisa meminimalkan risiko jerawat dan menjaga kulit kamu tetap bersih dan sehat. 

1. Menyentuh wajah secara berlebihan: Menyentuh wajah dengan tangan yang kotor atau terkontaminasi dapat memindahkan kuman dan minyak ke kulit, yang dapat menyebabkan jerawat.

Libur Lebaran, Waspada Dampak Negatif Game Online Berbahaya pada Anak!

2. Penggunaan produk perawatan yang tidak cocok: Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda atau terlalu berat dapat menyebabkan peradangan dan jerawat.

3. Pola makan yang tidak sehat: Makanan tinggi gula, lemak jenuh, dan makanan olahan dapat memengaruhi kesehatan kulit Anda. Pola makan seimbang dan menghindari makanan berlemak tinggi bisa membantu.

4. Jarang mengganti sarung bantal: Sarung bantal yang tidak bersih atau jarang dicuci dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman, minyak, dan debu. Ketika Anda tidur, wajah kamu bersentuhan dengan sarung bantal ini, dan ini bisa menyebabkan masalah kulit, termasuk jerawat. 

Ini terutama berlaku jika kamu memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap jerawat. Jadi, ada baiknya untuk mengganti sarung bantal seminggu atau dua minggu sekali. 

5. Kurangnya kebersihan kulit: Tidak membersihkan wajah secara teratur dapat mengakibatkan penumpukan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

6. Stres: Stres dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh, yang dapat memicu jerawat.

7. Penggunaan make-up yang berlebihan: Menggunakan make-up dalam jumlah berlebihan atau tidur tanpa membersihkan make-up dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori. Pastikan untuk membersihkan wajah dengan lembut setelah menggunakan make-up.

Ilustrasi bantal

Photo :
  • Pixabay/Saweang

8. Pemakaian obat-obatan tertentu: Beberapa obat-obatan, seperti steroid, dapat memicu jerawat sebagai efek sampingnya.

Menghindari kebiasaan-kebiasaan ini dan menjaga perawatan kulit yang baik dapat membantu mencegah jerawat. Jika Anda memiliki masalah jerawat yang serius, konsultasikan dengan seorang dermatolog untuk perawatan lebih lanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya