Tren Fashion Muslim 2024: Personal, Loose, dan Berkelas

Jakarta Muslim Fashion Week 2024
Sumber :
  • JMFW 2024

JAKARTA – Industri fashion seolah tidak pernah berhenti mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Setiap tahunnya, tren fashion tanah air maupun di dunia terus mengalami perkembangan dan perubahan.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Muslim, tidak lepas dari tren busana-busana Muslim yang juga mengalami perkembangan.

Memasuki tahun 2024 sejumlah desainer muslim tanah air juga sudah memberikan prediksi terkait tren busana muslim 2024. Zaskia Sungkar mengungkap untuk tren fashion muslim di tahun 2024 akan berfokus pada print.

BTN Cetak Laba Bersih Rp 860 Miliar di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 344,2 Triliun

“Kalau untuk tahun depan kita fokusnya banyak diprint. Jadi memang PR kita untuk berinovasi dengan print. Kita setiap bulan launching jadi kita memenuhi kebutuhan semuanya from Head to toe,” kata Zaskia kepada VIVA saat ditemui dalam Jakarta Muslim Fashion Week di ICE BSD Jumat lalu.

Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Sementara itu, desainer Khanan Shamlan untuk tren fashion muslim di tahun 2024 akan lebih condong pada potongan busana yang longgar (loose fit). 

“Dari siluet loose, karena aku mau incar sesuatu yang baru,” jelasnya. 

Koleksi Zaskia Sungkar di JMFW 2024

Photo :
  • VIVA/ Isra Berlian

Selain itu busana muslim ke depan akan lebih banyak menghadirkan two piece dimana skirt dan top yang bisa dipadu padankan untuk segala jenis occasion (acara).  Sementara itu untuk material akan lebih banyak menggunakan bahan yang sustaindable

“Material bisa dipakai lebih lama. Kita mendekatkan diri ke sustaindable, dekati zero waste. Jadi berharap kira bisa jadi brand yang responsible,” jelasnya.

Sementara itu dari sisi Kalla The Label mengungkap tren fashion muslim di 2024 akan lebih banyak kolaborasi dengan detail pattern. 

Sedangkan label Aleza mengaku untuk tren 2024 pihaknya akan lebih banyak menggunakan kain wastra.

“Kita signaturrnya pattern, dengan menggunakan wastra. Kita mau apresiasi wastra. Jadi koleksi kita lebih ready to wear,” jelas dia.

Dari sisi Ivan Gunawan, dirinya melihat fashion muslim di tahun 2024 akan lebih menyesuaikan pada selera fashion masing-masing orang.

"Aku melihat semakin hari orang memiliki personal style yang berbeda-beda, mereka sudah bisa memilih karakter busana mereka seperti apa, jadi tidak lagi harus mengikuti tren yang diciptakan orang lain, tapi, menjadi diri sendiri," kata Ivan.

Sementara untuk warna, ada sejumlah warna yang diperkirakan akan menjadi tren di tahun 2024. Mulai dari hijau, fuschia hingga Silver. Namun dia mengungkap semua itu akan kembali lagi ke masing-masing personal.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya