Punya Wajah Cantik Ala Artis Korea dengan Perawatan di Klinik Kecantikan

Ilustrasi wanita Korea.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

VIVA Lifestyle – Punya wajah putih mulus dan tirus seperti artis Korea Selatan sedang digandrungi wanita Indonesia seiring makin disukainya drama Korea maupun artis yang bermain di dalamnya. Hal ini bisa dilihat dari tren make up dari artis berkembang di Indonesia, dan rangkaian produk kecantikan yang punya klaim memutihkan secara instan laku di pasaran. Bahkan banyak wanita yang sampai melakukan treatment ke klinik kecantikan untuk bisa punya wajah cantik bak idola. 

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Tak heran, dari fenomena itu membuat banyak klinik kecantikan di Jakarta dan sekitarnya menyediakan paket “perawatan K-Beauty”. Layanan tersebut menyediakan solusi dari masalah kulit, warna kulit hingga bentuk wajah.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Perawatan lengkap wanita Korea

Salah satu yang menyediakan layanan tersebut ialah Cyn Clinic. Dijelaskan dr Cynthia Jayanto M. Biomed (AAM), budaya Korea mulai dari make up hingga citra kecantikan sekarang sudah diterima wanita-wanita Indonesia, hingga tak sedikit dari mereka menjadikan kiblat berpenampilan secara fisik, antara lain kulit putih, tampilan wajah cerah bercahaya, dan tirus dengan dagu berbentuk seperti huruf V.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

"Dengan menyadari banyak wanita ingin punya tampilan wajah seperti ala artis Korea, kami menyediakan layanan one stop solution. Mulai dari facial, HIFU, threadlift, PICO Laser, filler dagu dan rahang untuk mendapatkan V shape untuk bisa punya wajah cantik mulus dan tirus," ujar pendiri klinik kecantikan yang berlokasi di Bekasi dan Depok ini, dalam keterangannya, Minggu, 29 Oktober 2023.

Tahap pertama untuk mendapatkan kulit putih yang mulus, Dokter Cyn, sapaan akrabnya  menjelaskan bahwa pasien bisa melakukan treatment facial dan pico laser guna mendapatkan wajah cerah mulus tanpa noda. Tahap selanjutnya agar wanita mendapatkan wajah tirus berbentuk V bisa dengan tiga cara, yaitu treatment suntik filler di bagian dagu dan rahang, alat HIFU atau threadlift atau tanam benang. 

"Threadlift ini prosedurnya memasukan jarum yang tipis disertai benang PDO atau PCL yang bergerigi ke dalam lapisan subkutan kulit. Setelah itu, menarik seutas benang pada bagian wajah yang kendur agar wajah terlihat lebih kencang dan juga sehat.  Hasil dari treatment ini, biasanya wajah akan berbentuk V yang ramping, kontur pipi yang lebih tajam, dan pipi yang lebih bervolume. Umumnya, prosedur threadlift hanya memakan waktu sekitar satu jam dan akan bertahan selama satu tahun,” jelas Dokter Cyn. 

Kalau filler, prosedurnya ialah memasukkan cairan seperti asam hialuronat atau PLLA (Poly-L-Lactic Acid) yang disuntikkan ke lapisan dermis kulit. Hasil suntik filler, biasanya, bukan hanya membuat wajah seorang berbentuk V-shape tapi juga mampu menyembunyikan tanda-tanda penuaan. Treatment ini dilakukan sekitar 30 menit dengan hasil yang akan bertahan 6 hingga 18 bulan.

Sementara HIFU merupakan treatment yang menggunakan teknologi High Intensity Focused Ultrasound di bagian wajah. Efeknya, membuat wajah seseorang terlebih lebih muda, kulit kencang dan halus dalam waktu singkat. Prosedur ini, kata Dokter Cyn, dilakukan selama lebih dari 60 menit dengan hasil yang akan bertahan selama 6 bulan hingga 1 tahun.

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/benzolx

Treatment V-shape apa yang dijalankan pasien, bergantung hasil tahap konsultasi dengan dokter, yakni pada kondisi wajah pasien. Selain itu, pertimbangan bisa dari menyesuaikan treatment yang nyaman menurut pasien, karena tanam benang termasuk treatment minimal invasif.

Berapa harga treatment-nya? Dokter Cyn mengatakan untuk treatment facial mulai dari Rp200 ribu hingga Rp1 juta, lalu untuk PICO laser Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta.

Sementara untuk treatment threadlift mulai dari Rp500 ribu hingga Rp1,1 juta per benang, lalu HIFU sekitar Rp2 juta, dan filler Rp3,3 juta hingga Rp4,5 juta

 "Dan, itu semua belum harga member, kalau harga member akan pasien ada potongan harga lagi hingga 15 persen," ujar dokter Cyn.
 
"Enaknya di tempat kami, penggunaan produk peeling buatan Eropa bukan lokal. Produk juga berizin dan mengerjakan kompeten di bidangnya. Harga treatment-treatment-nya ramah di kantong," lanjut dokter Cyn.

Menemukan cantik versi dirinya sendiri

Ilustrasi kecantikan/wanita/perawatan kecantikan.

Photo :
  • Freepik/denissmart

Meski begitu, menurut Cynthia, tidak semua wanita Indonesia cocok dengan standar kecantikan wanita Korea. Karena, kecantikan wanita Indonesia itu unik. Di mana Indonesia memiliki berbagai ras dengan warna kulit masing-masing, jenis rambut hingga fitur wajah yang sangat beragam.

Wanita Jawa memiliki kecantikan tersendiri dengan wanita berasal Minang, Papua, Bugis maupun Lombok. Mereka punya karakter kecantikan sendiri. Alhasil, kata Dokter Cyn, penting bagi seorang wanita memahami karakteristik wajah dan warna kulit dari kecantikan suku dia berasal sebelum menjalankan treatment K-Beauty. Karena tidak semua wanita Indonesia cocok diterapkan dengan standar cantik wanita korea.

"Karena, nggak semua hasilnya bagus jika dagu dibuat tirus, dengan karakter fitur wajah kita (wanita Indonesia)," kata wanita yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Estetika Indonesia ini.

"Dibanding kulit putih, wanita Indonesia lebih banyak warna kulit yang memiliki warna kulit medium atau tone lebih gelap matang dan eksotis. Karena itu, tantangannya, bukan membuat kulit putih, yang sekarang menjadi parameter cantik, tapi cukup menemukan shade yang tepat atau membuat kulit lebih cerah,” ungkap Dokter Cyn.

Dengan demikian, kuncinya ialah mengetahui karakteristik wajah dan warna kulit apakah cocok jika ingin punya wajah cantik ala wanita Korea. Jangan karena terlalu mengidolakan artis-artis dari luar negeri lantas mengabaikan “kecantikan” yang telah melekat di dalam diri.

"Saya bisa ngomong begitu, yang works di tempat saya, ialah kita diskusi dengan pasien dulu pas konsultasi. Saya kasih wawasan dulu menyesuaikan karakter wajah yang dia miliki. Setelah itu, memperkuat dari kecantikan mereka. Apakah aspek bentuk wajah, warna kulit, dan wajah mulus. Gak bisa disamaratakan hanya karena terobsesi, nanti jatuhnya maksa. Kita kan nggak mau, misal di bagian wajah putih, tapi leher hingga ke tangan ke bawah beda warna," jelas Dokter Cyn.

Ilustrasi wanita.

Photo :
  • Freepik/marymarkevich

Menurut Dokter Cyn, menjadi cantik versi diri kita sendiri ialah mengetahui bentuk wajah dan tone kulit lalu mensyukurinya. Jika wanita memiliki warna tone kulit agak gelap dan butuh treatment kulit ialah tujuan perlu dicapai sebaiknya membuat warna kulitnya ke versi lebih cerah, menghilangkan dark spots, warna kulit tidak merata, dan pigmentasi yang mencerahkan kulit.

"Karena apa pun suku bangsanya, wanita Indonesia punya kecantikan tersendiri, dan menarik," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya