Heboh Serum Pemancung Hidung, Begini Kata dr Kamila Jaidi

Ilustrasi hidung/hidung mancung.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Dunia kecantikan terus berinovasi menciptakan berbagai produk yang menyesuaikan kebutuhan setiap orang seperti perawatan tubuh dan wajah. Seiring dengan berkembangnya kecanggihan di dunia kecantikan, mulai muncul produk-produk yang dianggap 'ajaib' karena mengklaim bisa memberikan hasil yang maksimal dalam waktu singkat.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Belakangan ini, media sosial diramaikan dengan sebuah video produk perawatan kecantikan yang mengklaim bisa membuat hidung jadi mancung. Produk itu berupa serum yang konon jika dipakai secara rutin di bagian hidung, maka akan membuat tulang hidung jadi lebih tinggi. Produk tersebut menarik minat pembelinya dengan menawarkan harga yang murah, dibandingkan dengan operasi plastik hidung.

Tetapi, berdasarkan ilmu medis hal ini tidak dapat dibenarkan. Seperti yang dikatakan oleh Dokter Kecantikan, dr. Kamila Jaidi, MARS, Dipl. AAAM, hidung yang mancung berasal dari tulang hidungnya yang tinggi. Untuk itu, dibutuhkan penumbuhan tulang secara alami sejak lahir atau dengan bantuan operasi. Tetapi, serum sama sekali tidak bisa menumbuhkan tulang hidung dan membuatnya mancung. Sehingga, video tentang serum pemancung tersebut adalah sebuah pembodohan.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

"Itu pembodohan, nggak ada serum bikin mancung. Mancung itu karena tulang hidung yang tinggi dan serum nggak bisa numbuhin tulang," kata dr. Kamila Jaidi, saat dihubungi VIVA, Selasa 9 Januari 2024.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Dalam video yang viral, produk serum tersebut diinformasikan menggunakan bahan yang aman, proses pembuatannya juga sudah terjamin aman. Bahkan, penggunaan serum tersebut dibilang aman tanpa efek samping apapun. Cara menggunakan serum pemancung itupun cukup mudah, pertama oleskan beberapa tetes serum di telapak tangan. Lalu oleskan serum tersebut di bagian hidung hingga merata dan tunggu beberapa saat agar meresap.

Pemakaian secara rutin diklaim akan membuat hidung terlihat lebih mancung dalam waktu yang singkat.

"Bisa mancung tanpa harus keluar berjuta-juta yang pasti aman tanpa efek samping dan sudah BPOM. Cukup tetes kemudian pijat, efeknya akan terasa," bunyi video itu, mengutip video TikTok dr. Kamila Jaidi.

Video TikTok tersebut juga menampilkan cuplikan ketika dr. Kamila Jaidi menggunakan serum di wajah dan hidungnya. Tetapi, rupanya video tersebut dicatut tanpa seizin dr. Kamila Jaidi sehingga tidak ada testimoni yang meyakinkan dari produk pemacung itu.

"Bohong, hidung itu mancung karena tulang hidungnya tinggi dan ini aku (hidungnya) dari lahir ngga ada oplas-oplasan dan ngga ada serum-serum apalagi," kata dr. Kamila Jaidi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya