Mau Bikin Dekorasi Rumah Baru, Jangan Beli Furnitur Dulu

Hunian dengan lantai kayu.
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Ketika baru memiliki rumah sendiri, ada perasaan mengebu-gebu untuk segera melakukan dekorasi sesuai dengan tema yang diidam-idamkan. Namun, sayangnya tidak semua orang percaya diri dalam hal tata ruang, sehingga memanfaatkan jasa desainer interior.

Lisa BLACKPINK Beli Rumah Baru di Beverly Hills Seharga Puluhan Miliar

Menyewa jasa desainer interior, bisa menjadi masalah tersendiri jika dana Anda terbatas. Untuk menyiasatinya, mau tak mau Anda harus mengerahkan segenap kreativitas Anda untuk mendekorasi ruangan.

Untuk mempermudah langkah Anda, beberapa tips yang dilansir dari laman Asia One, Kamis 28 Desember 2017, berikut ini bisa jadi panduan:

Bisa Ditiru, Desain Interior Hangat untuk Momen Spesial Idul Fitri

1. Fokus dengan tata letak
Sebelum memulai memikirkan tema, pertama kali yang harus dilakukan adalah fokus pada tata letak, karena ini adalah komponen utama dalam membuat konsep desain. Bayangkan bagaimana penempatan perabotan di setiap ruangan, dan jangan lupa untuk memikirkan pembagian setiap ruangannya dengan tepat. Sehingga, Anda dapat merasa nyaman untuk menempatinya.

2. Buatlah daftar yang Anda sukai
Dengan membuat daftar yang disukai, Anda dapat dengan mudah mengetahui apa saja yang ingin Anda gunakan pada dekorasi rumah dan mana saja yang tidak.

Geger, Ratusan Kulit Ular Menggantung di Langit-langit Rumah Baru

3. Buat daftar pioritas
Beberapa orang memilih membuat daftar furnitur yang akan dibeli terlebih dahulu. Padahal, hal tersebut sebaiknya di lakukan di bagian terakhir. Sebaiknya, setelah Anda membagi tata letak ruangan pada rumah, baru kemudian mencari furnitur yang sesuai untuk melengkapi ruangan tersebut, bukan sebaliknya.

4. Atur Pencahayaan
Dengan pencahayaan yang tepat, bukan hanya menciptakan suasana yang lebih menyenangkan. Namun, dapat memberikan nuansa nyaman pada setiap ruangan. Pencahayaan yang tepat juga dapat menunjukan identitas suatu ruangan. Pada dapur dan ruang makan, sebaiknya gunakan lampu lebih terang, dibandingkan dengan lampu di kamar tidur. Hal ini bertujuan untuk memancarkan aura semangat pada ruangan yang memiliki banyak aktivitas, dan suasana nyaman pada kamar dengan cahaya lampu yang redup.

5. Buatlah kamar tidur senyaman mungkin
Kamar tidur merupakan salah satu ruang yang paling sering digunakan. Karenanya, penting untuk mendesainnya senyaman mungkin. Caranya adalah dengan menggunakan elemen yang bertekstur lembut, seperti karpet bulu-bulu, selimut bludru, hingga bantal yang lembut, sehingga tidak menyakiti leher Anda. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya