Catat Ini, Enam Jurus Supaya Rumah Cepat Terjual

Ilustrasi serah terima rumah.
Sumber :
  • Rumahku.com

VIVA – Menjual rumah dengan cepat, memang bukan hal yang mudah. Namun, bukan berarti mustahil untuk dilakukan, ada banyak cara agar menarik calon pembeli rumah. Salah satunya adalah dengan mempelajari pasar terlebih dahulu, sehingga dapat menentukan harga yang tepat untuk rumah Anda.

Ustaz Solmed Blak-blakan Tawarkan Rumah Mewahnya Dijual Seharga Rp 80 Juta: Ayo Mumpung Udah Viral!

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda terapkan untuk mempercepat penjualan rumah Anda. Dilansir dari laman Today, Selasa 16 Januari 2018, berikut adalah tips-tips agar rumah Anda lebih cepat terjual:

1. Tata rapi rumah sebelum open house
Open house memang salah satu langkah untuk menarik para calon pembeli datang. Mereka dapat melihat secara langsung bagaimana kondisi dan bentuk rumah. Karenanya, rapikan dengan teliti, jangan menumpuk segala barang Anda di dalam suatu laci atau kabinet. Para calon pembeli bisa saja melihat kekacauan tersebut, dan mengurungkan niatnya karena merasa Anda kurang proposional, dan menunjukan kelemahan di rumah Anda.

Ria Ricis Jual Rumah, Teuku Ryan Singgung Soal Mendidik Istri

2. Sewa tenaga profesional
Saat ini, situs online jual beli sedang menjadi pilihan bagi calon pembeli rumah, karena mereka dapat melihat kondisi rumah yang akan mereka beli terlebih dahulu melalui foto. Karenanya, jika Anda ingin menggunakan situs online sebagai salah satu media promosi, tak ada salahnya membayar jasa fotografer profesional untuk memotret dan merekam bagaimana kondisi rumah Anda.

Tampilkan lebih dari enam foto dari segala sisi ruangan rumah, dan bila perlu tambahkan video klip singkat yang merekam seluruh bagian rumah dari pintu masuk hingga bagian belakang. Dengan begitu, para calon pembeli akan memiliki gambaran, dan mengetahui kelebihan dari rumah Anda.

Bedu: Tidak Ada Dalam Hidup Saya Namanya Terlilit Utang Pinjol

3. Pilihlah agen real estate yang tepat
Menggunakan agen real estate merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan. Namun, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu track record agen real estate yang akan Anda gunakan. Mintalah pendapat kepada kerabat, atau keluarga mengenai pengalaman mereka menggunakan agen real estate tersebut. Sehingga, Anda sudah memiliki gambaran tersendiri mengenai agen yang akan Anda pilih.

4. Promosikan ke kerabat
Diri Anda adalah agen promosi yang terbaik. Bagaimana tidak, Anda dapat langsung menggambarkan dengan detail setiap sisi rumah, Anda juga dapat langsung melakukan tawar menawar kepada calon pembeli, dan memutuskan apakah pembeli tersebut orang yang tepat atau tidak. Selain itu, Anda juga dapat meminta tolong kepada teman dan keluarga Anda untuk memasarkannya. Jadi hemat biaya promosi, kan?

5. Hilangkan barang-barang personal
Sudah tinggal dalam waktu lama di rumah tersebut, tentu banyak sekali barang-barang personal yang ada di rumah tersebut. Seperti coretan dinding buatan, hiasan dinding kenangan, hingga perabotan antik kesayangan. Sebaiknya cat ulang rumah tersebut, dan ubahlah seperti rumah baru. Berikan nuansa baru kepada rumah Anda, sehingga siapa pun yang datang akan merasakan aura positif dan segar di rumah Anda.

6. Cahaya memadai

Rumah yang gelap maupun remang-remang, terkesan lembap dan suram. Tak ada pembeli yang tertarik dengan suasana suram. Supaya menarik perhatian calon pembeli, terangi rumah dengan cahaya yang memadai. Jika Anda pergi meninggalkan rumah dan harus mematikan lampu, buka tirai-tirainya, agar mendapat paparan sinar matahari. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya