Trik Sederhana Foto Makanan Instagramable Pakai HP

Acara VIVA Talk Life
Sumber :
  • VIVA/Dhana Kencana

VIVA – Media sosial seperti Instagram secara tidak langsung memengaruhi tren kuliner di Indonesia. Salah satunya adalah tren mengunggah foto-foto makanan sederhana menjadi terlihat 'wah' dan menggiurkan di Instagram.

Godai Orang Lain Pakai Foto Makanan Saat Puasa, Bagaimana Pandangan Islam?

Makanan dari jenis apapun seolah menjadi naik kelas ketika dihias dan ditata sedemikian rupa di laman media sosial kaum milenial ini. Hal ini pun memunculkan anggapan bahwa untuk mendapatkan foto makanan cantik dan artistik harus memiliki kamera canggih dan properti beraneka rupa.

Nyatanya, foto-foto makanan Instagramable zaman now bisa didapat dengan bermodal kamera HP saja. Kuncinya, Anda hanya perlu menguasai beberapa teknik dan trik fotografi sederhana.

Kirim Foto Makanan ke Pacar, Pria Ini Ketahuan Selingkuh

Acara VIVA Talk Life

Hesti Pratiwiafwiani atau lebih akrab dikenal dengan nama Hes Hidayat, seorang food enthusiast dan penulis resep di Cookpad, membagi beberap trik mendapatkan foto makanan Instagramable hanya dengan kamera HP.

4 Hal Baru yang Harus Dicoba untuk Foto OOTD Instragrammable

Dalam acara VIVA Talk Life, Hesti membocorkan tujuh trik atau teknik yang harus dikuasai sebelum memulai foto makanan Instagramable.

Hes mengatakan, hal pertama yang harus diketahui untuk memulai foto makanan adalah mengenal senjata kita, yaitu kamera.

"Percaya pada kamera yang kita pegang dan pelajari fitur-fiturnya," ujar Hes saat mengisi acara VIVA Talk Life di Munik Resto, Jakarta, Sabtu 24 Maret 2018.

Acara VIVA Talk Life

Hal kedua yang tak kalah penting dikuasai adalah soal lighting. Untuk kamera HP, Hes menyarankan agar kita menggunakan cahaya natural daei matahari. Namun, hindari cahaya matahari yang terlalu terik.

Langkah berikutnya adalah membuat konsep foto. Saat foto, ketahui dulu apa tujuan Anda memfotonya dan apa yang ingin Anda sampaikan melalui foto itu.

"Misalnya Anda ingin menunjukkan sedang bekerja, bisa ditambah elemen yang menunjukkan Anda sedang bekerja seperti laptop," imbuh Hes.

Selanjutnya, Anda perlu memikirkan properti yang perlu digunakan. Sebagian dari Anda mungkin banyak yang mengeluhkan bagaimana mendapatkan peoperti yang bagus, tapi Hes meyakinkan bahwa barang-barang sederhana seperti koran bekas juga bisa digunakan swbagai properti. Kuncinya, sesuaikan properti yang digunakan dengan konsep yang ingin Anda tonjolkan.

Acara VIVA Talk Life

Kemudian styling atau penataan juga tidak boleh terlewatkan. Tidak perlu seperti penyajian di restoran yang penting komposisinya pas.

Hes memberikan tips untuk membuat tampilan foto makanan tampak sempurna. Misalnya, saat masak sebaiknya angkat sebelum matang benar supaya warna bahan makanan masih terlihat cerah. Selain itu, untuk makana  berkuah akan lebih baik jika diberi volume.

"Kalau saya biasanya saya pakai mangkuk yang dibalik untuk menambah volume," kata Hes.

Pada saat mengambil foto, angle tentu menjadi teknik yang penting. Ada beberapa angle yang bisa diambil menggunakan kamera HP Anda yaitu eye level, above eye level, dan bird's eye level.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengedit foto agar tamlilan lebih mewah. Beberapa aplikasi editing fotosudah banyak yang bisa Anda unduh gratis seperti Snapseed, VSCO, dan AfterFocus untuk mendapatkan efek bokeh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya