4 Fakta Raja Charles Naik Takhta Usai Ratu Elizabeth II Meninggal

Pangeran Charles jadi Raja Inggris menggantikan sang ibunda Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • AP Photo/Jeff Chiu

VIVA Lifestyle – Setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022, putra sulungnya Pangeran Charles telah naik takhta dan sekarang akan dikenal sebagai Raja Charles III.

Semangat Kate Middleton Lawan Kanker: Pengobatan Berjalan Lancar

"Kematian Ibunda tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya," katanya dalam sebuah pernyataan setelah kematian ibunya, dikutip laman People, Jumat 9 September 2022.

Scroll untuk tahu fakta-fakta Raja Charles naik takhta.

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

"Kami sangat berduka atas meninggalnya penguasa yang disayangi dan Ibu yang sangat dicintai. Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia,” lanjutnya. 

"Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga saya akan dihibur dan ditopang oleh pengetahuan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana sudah dipegang Ratu secara luas," tutup Raja Charles mengakhiri pernyataan.

Sebelum Pengumuman Kanker, Kate Middleton Sempat Bertemu dengan Raja Charles

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Charles.

Photo :
  • Instagram @clarencehouse

Saat bangsawan berusia 73 tahun itu mewarisi mahkota Raja, perannya akan mengalami banyak perubahan yang berbeda, termasuk gelar kerajaan baru dan penobatan resmi. Berikut rincian lengkap tentang apa yang akan terjadi selanjutnya untuk Charles.

Kapan Pangeran Charles akan menjadi raja?
Setelah kematian Ratu Elizabeth II, Charles mengambil alih peran raja, secara efektif segera. Clarence House mengonfirmasi bahwa gelar resminya adalah Raja Charles III.

“Hari ini Mahkota menyerahkan - seperti yang telah dilakukan selama lebih dari seribu tahun - kepada raja baru kita, kepala negara kita yang baru: Yang Mulia Raja Charles III," ucap Perdana Menteri Liz Truss mengumumkan.

"Dengan keluarga Raja, kami berduka atas kehilangan ibunya. Dan saat kami berkabung, kita harus bersatu sebagai rakyat untuk mendukungnya. Untuk membantunya memikul tanggung jawab luar biasa yang sekarang dia emban untuk kita semua," lanjut Truss.

Pangeran Charles.

Photo :
  • Instagram @kensingtonroyal

"Kami menawarkan kepadanya kesetiaan dan pengabdian kami seperti ibunya mengabdikan begitu banyak untuk begitu banyak begitu lama. Dan dengan berlalunya zaman Elizabeth II, kami mengantar era baru dalam sejarah megah negara besar kami, - persis seperti Yang Mulia akan berharap – dengan mengucapkan kata-kata… Tuhan selamatkan Raja,” tutupnya.

Dengan aksesi setelah kematian ibunya, Charles mewarisi tanggung jawab dan hak istimewa seorang raja yang ditahbiskan, kecuali satu, dia tidak akan diizinkan untuk mengenakan mahkota di depan umum sampai penobatannya.

Kapan Raja Charles III resmi diangkat menjadi raja?
Seperti yang dicatat oleh AP, ada beberapa formalitas yang terjadi setelah Charles naik takhta. Langkah pertama adalah pertemuan Dewan Aksesi, yang terdiri dari pejabat dari Dewan Penasihat, termasuk menteri kabinet senior, hakim, dan pemimpin Gereja Inggris. Saat itulah Charles akan secara resmi memproklamirkan kedaulatan baru.

Selain itu, raja baru akan bersumpah di hadapan Dewan Penasihat untuk melestarikan Gereja Skotlandia. Ini akan diikuti oleh proklamasi publik tentang kedaulatan baru, yang akan dibacakan secara publik di Istana St James di London serta berbagai lokasi di Edinburgh, Skotlandia, Cardiff, Wales, dan Belfast, Irlandia.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Louis cicitnya (kanan) di acara Platinum Jubilee

Photo :
  • Alastair Grant/Pool Photo via AP

Kapan penobatan Raja Charles III?
Penobatan resmi Charles kemungkinan tidak akan segera dilakukan. Faktanya, penobatan Ratu Elizabeth terjadi 16 bulan setelah aksesinya pada 6 Februari 1952, setelah kematian ayahnya, Raja George VI.

"Upacara penobatan biasanya memakan waktu satu tahun karena dianggap tidak pantas, sungguh, untuk mengadakan upacara penobatan langsung setelah kematian seseorang. Ini adalah masa berkabung yang panjang," Kate Williams, profesor sejarah di Universitas Reading Inggris dan penulis Young Elizabeth: The Making Queen.

Ketika penobatan diumumkan, kemungkinan akan berlangsung di Westminster Abbey, di mana telah diadakan selama 900 tahun terakhir sejak William Sang Penakluk dimahkotai di sana.

Pangeran Harry dan Pangeran William

Photo :
  • pagesix.com

Apa yang akan menjadi gelar istri Raja Charles III, Camilla?
Saat Charles mengambil gelar baru Raja Charles III, istrinya, Camilla, Duchess of Cornwall, juga akan mendapatkan gelar baru. Gelarnya sekarang akan ditata sebagai Camilla, Ratu Permaisuri.

Siapa yang berikutnya di baris untuk takhta?
Sekarang setelah Charles naik takhta, garis suksesi resmi Inggris ke takhta kerajaan telah sedikit bergeser. Terutama, putra Charles, Pangeran William, sekarang berada di urutan pertama takhta dengan ketiga anaknya, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, mengikuti tepat di belakangnya.

Putra kedua Charles, Pangeran Harry, juga kini berada di urutan kelima dalam takhta dengan dua anaknya Archie Harrison Mountbatten-Windsor dan Lilibet Diana Mountbatten-Windsor mengikuti tepat di belakangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya