Deretan Koleksi Mahkota dan Perhiasan Ratu Elizabeth II

Berlian ratu Elizabeth
Sumber :
  • Dailymail

VIVA Lifestyle  – Mendiang Ratu Elizabeth II meninggalkan kenangan mendalam bagi seluruh dunia, khususnya rakyat Inggris Raya. Tak hanya berkegiatan di sekitar istana, ia juga kerap kali berkunjung ke berbagai negara. Bahkan Ratu Elizabeth II juga pernah berkunjung ke Indonesia.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Hal yang menjadi sorotan adalah pakaian yang ia kenakan hingga perhiasan yang ditaksir bernilai fantastis. Sang Ratu mewarisi koleksi mahkota, tiara, dan diadem yang cukup besar ketika dia naik takhta. 

Ratu secara tradisional mengenakan tiara pada acara-acara kenegaraan, baik di Inggris maupun di luar negeri. Berikut beberapa koleksi perhiasan yang mencuri perhatian.

Ivan Gunawan Meningkatkan Kualitas Finalis dalam Miss Mega Bintang Indonesia 2024

Mahkota dan diadem

The George IVV State Diadem

Bobol Brankas Majikan, ART di Kota Malang Bawa Kabur Berlian dan Ratusan Juta Rupiah

The George IV State Diadem

Photo :
  • the-crown.fandom.com

Mahkota Negara Bagian George IV, juga dikenal sebagai Mahkota Berlian, dikenakan oleh Ratu pada Pembukaan Parlemen Negara. Ratu juga memakainya dalam prosesi penobatannya. Itu telah muncul dalam potret dan foto Ratu, dan dia menunjukkan memakainya pada uang dari banyak negara Persemakmuran. 

Diadem itu ditugaskan oleh Raja George IV pada tahun 1820, dan dibuat oleh perhiasan Crown Rundle and Bridge. Ini termasuk 1333 berlian dengan berat lebih dari 320 karat, termasuk berlian kuning empat karat. Di antara salib ada mawar, onak dan shamrock, bunga-bunga Inggris, Irlandia, dan Skotlandia.

The Imperial State Crown / Mahkota negara kekaisaran

The Imperial State Crown

Photo :
  • the-crown.fandom.com

Mahkota Negara Kekaisaran adalah mahkota yang dikenakan oleh Ratu Elizabeth pada Pembukaan Parlemen Negara, umumnya setahun sekali. Versi saat ini dibuat pada tahun 1937, dan disesuaikan agar sesuai dengan Ratu pada tahun 1953. Beratnya lebih dari 2 pon. Di antara lebih dari 3.000 batu mulia ada empat catatan: berlian Cullinan II, St Edward's Sapphire , Batu Ruby Pangeran Hitam, dan Batu Safir Stuart, serta tiga mutiara milik Elizabeth I.

The Imperial State Crown adalah bagian dari Crown Jewels, dan dipajang di Tower of London. Sebelum Pembukaan Parlemen Negara, diadakan setidaknya setiap tahun, mahkota diangkut menyusuri Sungai Thames dari Menara oleh The Queen's Bargemen, dan tiba di Gedung Parlemen dengan keretanya sendiri, di mana ia disimpan di Ruang Jubah sampai Ratu tiba. Ratu tiba di Gedung Parlemen dengan kereta, mengenakan gaun putih dan Mahkota Negara. Dia berhenti di ruang jubah, di mana dia mengenakan mahkota dan tanda kerajaan. Prosesi formal ke House of Lords memulai peran Ratu dalam upacara tersebut.

Mahkota St. Edward

The St. Edwards Crown

Photo :
  • the-crown.fandom.com

Mahkota St. Edward dipakai sekali, oleh penguasa pada penobatannya. Itu dinamai Edward the Confessor, raja Anglo-Saxon terakhir Inggris, dan seperti Mahkota Negara Bagian, adalah bagian dari Permata Mahkota. Ada dua versi mahkota. Yang pertama, digunakan pada abad kesembilan dan kesepuluh, dijual oleh Oliver Cromwell sebagai simbol monarki yang "menjijikkan". Setelah pemulihan monarki pada tahun 1661, versi baru mahkota dibuat oleh Sir Robert Vyner, dan masih digunakan sampai sekarang.

Mahkota telah didesain ulang selama bertahun-tahun. Sebelum tahun 1911, perhiasan disewa untuk mahkota kemudian dilepas setelah penobatan. Pada saat itu, mahkota dipasang dengan 444 batu mulia dan semi mulia, termasuk 345 aquamarine, 12 rubi, 7 amethyst, 6 safir - tetapi tidak ada berlian. Pada saat yang sama, mutiara palsu di sekitar bagian bawah dan di sepanjang lengkungan mahkota diganti dengan bola emas. Bentuk akhir mahkota telah digunakan untuk penobatan tiga raja: George V, George VI dan Elizabeth II.

Tiara

Tidak seperti mahkota, yang dikenakan untuk acara-acara kenegaraan tertentu, tiara dikenakan oleh Ratu, anggota perempuan Keluarga Kerajaan, dan beberapa anggota bangsawan bergelar di berbagai acara kenegaraan atau formal. Untuk setiap kesempatan, Ratu memilih tiara yang merupakan bagian dari koleksi pribadinya, atau bagian dari Permata Mahkota. Ratu juga dapat meminjamkan tiara kepada anggota Keluarga Kerajaan, seperti tiara Cartier Halo yang dipinjamkan kepada Catherine, Duchess of Cambridge pada saat pernikahannya dengan Pangeran William.

Banyak tiara dalam koleksi pribadi Ratu telah diberikan kepadanya dari anggota keluarga lainnya, dan beberapa adalah hadiah dari anggota keluarga atau kepala negara asing. Tiara yang merupakan bagian dari Permata Mahkota adalah milik Ratu "di kanan Mahkota", dengan kata lain, sebagai hak sebagai pemakai mahkota.

Ratu Elizabeth, Ibu Suri dan Putri Margaret juga memiliki tiara yang merupakan milik pribadi mereka. Salah satu favorit Ibu Suri, tiara Greville, sekarang dimiliki oleh Ratu, dan sering dipakai oleh Camilla, Duchess of Cornwall. Kadang-kadang, tiara dijual dan meninggalkan Keluarga Kerajaan yang lebih besar, seperti tiara Poltimore yang dikenakan oleh Putri Margaret di pernikahannya yang dijual oleh anak-anaknya untuk memenuhi kewajiban kematian yang mengejutkan, dan tiara pernikahan Ratu Victoria, yang baru-baru ini dijual ke orang asing. Pembeli oleh pemilik sebelumnya, keluarga Lascelles.

Tiara yang dikenakan oleh Ratu dan Keluarga Kerajaan umumnya dibuat atau dipelihara oleh satu atau lebih perusahaan yang ditunjuk sebagai Crown Jewellers. Tidak jarang tiara direnovasi dari waktu ke waktu, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pemakainya, dan perintah mode. Beberapa tiara, seperti tiara Poltimore, juga terurai menjadi kalung, bros, dan/atau gelang.

Queen Mary’s Fringe Tiara

Queen Marys Fringe Tiara

Photo :
  • the-crown.fandom.com

Tiara Fringe Ratu Mary, juga dikenal sebagai Tiara Fringe George II, diciptakan untuk Ratu Mary, dan diberikan kepada Ratu Elizabeth pada tahun 1936. Dia, pada gilirannya, meminjamkannya kepada Putri Elizabeth untuk dipakai pada hari pernikahannya. Ratu Mary pertama kali membuat tiara yang terbuat dari kalung yang diberikan sebagai hadiah pernikahan pada tahun 1893. Garrard menciptakan tiara baru, yang masih bisa dipakai sebagai kalung. Ibu Suri jarang mengenakan tiara, lebih memilih dua lainnya, tetapi sekali lagi meminjamkannya kepada Putri Anne untuk pernikahannya dengan Kapten Mark Phillips. Pada kematian Ibu Suri, Ratu mewarisinya dan mulai memakainya.

Tiara pinggiran berasal dari Rusia, dan merupakan fitur umum dari banyak koleksi tiara kerajaan. Tiara pinggiran terdiri dari tiang berlian bertingkat, yang tertinggi di tengah dan ukurannya menurun, dipisahkan oleh tiang yang lebih sempit dalam bentuk yang berbeda. Batu-batu itu lebih dekat satu sama lain dan memiliki penampilan yang padat, kurang berenda daripada kebanyakan tiara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya