4 Tips Sukses Bangun Bisnis Bareng Pasangan, Poin Terakhir Penting Banget

Ilustrasi bisnis kuliner.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Menjalankan usaha bersama pasangan memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Karena melibatkan perasaan, seringkali pasangan bersikap tidak profesional hingga memicu pertengkaran, yang tentu saja dapat menghambat bisnis yang dibangun. 

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Namun, pasangan muda asal Surabaya, Adian Pratama dan Pricillia Nirmala, berhasil mematahkan stigma tersebut. Tidak hanya sukses menjalin kisah percintaan, pasangan ini juga sukses dalam membangun usaha bersama. Seperti apa ceritanya? Yuk, scroll untuk tahu lebih jauh.

Keduanya seringkali membagikan lika-liku mereka sebagai pasangan yang menjalankan usaha bersama dalam membangun usaha kuliner mereka, yaitu Nasi Uduk Surabaya di akun TikTok @adianpricil.

Cari Suami Idaman? 4 Zodiak Ini Bisa Jadi Pilihan Tepat

Couplepreneur ini memulai usahanya sejak September 2022 dengan modal awal sebesar Rp5 juta dan langsung bergabung dengan layanan pesan antar makanan, ShopeeFood. Kurang dari satu tahun, Adian dan Pricil berhasil melakukan ekspansi hingga memiliki tiga cabang di daerah Surabaya.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

"Awalnya, saya juga sempat merasa ragu untuk membangun usaha bersama pasangan. Namun setelah kami berdiskusi lebih lanjut, kami berdua mencoba saling berkomitmen untuk fokus membuka usaha bersama," ujar Adian Pratama, selaku salah satu pemilik Nasi Uduk Surabaya, dalam keterangannya, dikutip VIVA, Selasa 30 Mei 2023. 

"Bermodalkan rasa saling percaya dan pengalaman bisnis saya di industri cloud kitchen, kami berfokus membangun usaha kuliner online dengan memanfaatkan layanan pesan antar makanan online," sambung dia. 

Adian dan Pricil berhasil membuktikan bahwa kesuksesan sebagai couplepreneur bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Setelah video awal mereka sebagai couplepreneur viral di TikTok, kisah inspiratif mereka menjadi semakin banyak digandrungi oleh anak muda dan usaha mereka pun semakin berkembang.

Bercermin dari pengalaman pribadinya, Adian dan Pricil membagikan beberapa strategi bagi pasangan muda-mudi agar bisa langgeng menjalani usaha bersama pasangan. Berikut di antaranya. 

Satukan hati, tetapkan visi dan misi
Langkah pertama dalam membangun bisnis bersama pasangan adalah menetapkan visi dan misi yang jelas. Diskusikan nilai-nilai mendasar yang penting untuk menjaga profesionalitas dalam menjalani bisnis. Hal tersebut tentunya akan membantu kalian menjalani usaha dengan lebih terarah dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

“Setelah lulus kuliah, saya dan Pricil memang berencana untuk bisa mandiri secara finansial. Seperti yang kami bagikan di media sosial, tujuan kami membangun bisnis adalah untuk nabung menikah dan membeli rumah," jelas Adian. 

"Dengan memiliki visi dan misi yang jelas, kami berusaha menjaga komunikasi dua arah dan mengutamakan profesionalitas. Kami membuat batasan yang jelas tentang bagaimana kami menjalani hubungan bisnis dan percintaan,” imbuhnya. 

Punya keterampilan berbeda, bagi tugas yang jelas
Umumnya, setiap individu memiliki keterampilan yang berbeda-beda. Manfaatkan perbedaan tersebut untuk melengkapi satu sama lain agar tujuan usaha kalian tercapai. Lakukan pembagian tugas yang jelas dan adil sejak awal berdasarkan keterampilan dan kemampuan masing-masing.

Pahami kebutuhan pasar, maksimalkan platform digital
Saat ini, masyarakat tidak dapat terlepas dari kemudahan layanan digital untuk membantu kehidupan mereka sehari-hari. Para pelaku usaha juga seolah dituntut untuk selalu up-to-date dengan perkembangan layanan digital. Dalam usaha kuliner sendiri, media sosial dan layanan pesan antar makanan adalah dua platform digital utama yang harus dimaksimalkan penggunaannya.

"Kehadiran layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood kini bisa membantu para pelaku usaha mulai berjualan dengan modal yang lebih minim, karena mereka bisa hanya memanfaatkan dapur rumah. Jualan online juga dapat menjadi salah satu cara untuk memperluas jangkauan pemasaran," tuturnya. 

Jaga profesionalitas, buat batasan uang pribadi dan bisnis
Uang adalah hal yang sangat sensitif bagi setiap orang, tak terkecuali dengan pasangan. Untuk tetap menjaga profesionalitas, buat batasan yang jelas untuk uang pribadi dan bisnis. Bagi keuntungan yang adil sesuai dengan tanggung jawab dan peran masing-masing. Buat juga laporan keuangan yang transparan untuk memantau perkembangan usaha kalian bersama-sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya