Dear UMKM, Berikut 5 Tips Strategis untuk Cepat Maju

Ilustrasi tagihan uang
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Meningkatkan jangkauan pasar menjadi hal penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin tumbuh dan bersaing dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif. Berikut adalah beberapa tips strategis yang dapat membantu UMKM memperluas cakupan pasar dikutip dari berbagai sumber:

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

1. Pemahaman Mendalam terhadap Pasar dan Konsumen

Sebelum melakukan ekspansi, UMKM perlu memiliki pemahaman mendalam terhadap karakteristik pasar dan kebutuhan konsumen. Analisis pasar dan segmentasi konsumen dapat membantu UMKM menyesuaikan produk atau jasa dengan preferensi target mereka.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

2. Optimalkan Teknologi dan Media Sosial

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Manfaatkan teknologi dan media sosial sebagai alat untuk memperluas jangkauan pasar. Aktivitas online, pemasaran melalui platform digital, dan kehadiran aktif di media sosial dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menjangkau lebih banyak konsumen.

3. Manfaatkan Platform Agregator

Brighty Group dan Completed

Photo :
  • ist

Bergabung dengan platform agregator adalah cara efektif untuk memasarkan produk tanpa harus mengelola secara langsung aspek teknisnya. Platform ini dapat memberikan akses ke pangsa pasar yang lebih besar dan menyediakan layanan pendukung untuk pertumbuhan bisnis.

Salah satunya perusahaan agregrator terkemuka, Completed. Baru-baru ini mereka diakuisisi oleh Brighty Group. 

"Kita punya kesamaan visi, yaitu menjadi teman bertumbuhnya para UMKM di Tanah Air. Nantinya kita akan menjadi partner sehingga UMKM bisa menjalankan bisnisnya bukan cuma di pasar lokal melainkan di pasar Internasional," ungkap Muhammad Hadiyatullah, CEO dan Founder Brighty Group dalam keterangannya.

4. Jalin Kemitraan Strategis

Membangun kemitraan dengan pihak-pihak terkait dalam industri dapat membantu UMKM mengakses sumber daya tambahan dan peluang yang lebih besar. Kemitraan strategis dapat menjadi strategi cerdas untuk memperluas jaringan dan meningkatkan visibilitas bisnis.

Salah satunya dengan Completed. UMKM dan Seller pun sudah mulai bisa bergabung untuk bertumbuh bersama Completed mulai 9 Maret mendatang.

5. Fokus pada Kualitas Produk dan Layanan

Perhatian terhadap kualitas produk dan layanan tetap menjadi faktor utama dalam menarik perhatian konsumen. Memperbaiki kualitas melalui inovasi, edukasi, dan penggunaan teknologi adalah langkah penting untuk meningkatkan daya saing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya