Terkuak, Kenapa Nanas Bisa Bikin Wanita Hamil Keguguran

Buah nanas.
Sumber :
  • Pixabay/ Security

VIVA – Saat hamil, seorang ibu tentunya akan sangat menjaga apa saja makanan yang dikonsumsinya. Hingga seringkali, ibu hamil cenderung menghindari makanan yang dianggap tidak baik bagi kandungan seperti yang dipercaya banyak orang.

Alami Keguguran, Kiky Saputri Menyesal Tak Bisa Jaga Diri saat Hamil

Salah satu makanan yang seringkali dianggap buruk bagi janin adalah buah nanas. Banyak mitos dipercaya masyarakat bahwa nanas bisa membuat keguguran.

Padahal, dr. Benny Johan Marpaung, SpOG, menjelaskan, nanas adalah buah yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C dan B dalam buah nanas penting untuk penyerapan kalsium pada ibu hamil.

Kiky Saputri Alami Keguguran di Kehamilan 10 Minggu, Idap Kista di Dinding Rahim

"Hanya saja harus dibatasi. Di nanas muda, ada enzim yang kalau dikonsumsi wanita hamil, gampang membuka mulut rahim sehingga berisiko keguguran," ujar Benny saat ditemui VIVA beberapa waktu lalu.

Karena itu, Benny tetap memperbolehkan ibu hamil mengonsumsi nanas, asalkan pilih nanas yang benar-benar matang. Jangan konsumsi nanas muda dengan rasa asam, apalagi ibu hamil yang cenderung suka asam.

Denny Sumargo Ungkap Respons Istri Saat Gagal Jalani Program Hamil

"Ngidam rasa asam itu sebenarnya masalah hormonal, yang membuat mulut pahit sehingga mual dan muntah. Sebaiknya pilih nanas manis, tapi hati-hati juga jangan berlebihan karena bisa memicu masalah gastritis," imbuh Benny

Benny juga mengingatkan, dalam mengonsumsi makanan tertentu perlu juga dilihat kondisi si ibu hamil. Bukan berarti ibu hamil kemudian dilarang makan ini dan itu. Ibu hamil juga seharusnya bisa lebih kritis menyangkut masalah kehamilannya.
    

Kiky Saputri

Kiky Saputri Ungkap Kondisi Terkini Usai Alami Keguguran

Komika Kiky Saputri mengalami keguguran di kehamilan pertamanya. Informasi itu disampaikan langsung oleh Kiky dalam video yang diunggah ke channel YouTube miliknya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024