Konsumsi Melinjo Picu Asam Urat, Mitos atau Fakta? 

Melinjo
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Tanaman melinjo di Indonesia kerap dijadikan bahan baku beberapa menu makanan. Sebut saja sayur asem, oseng kulit melinjo hingga emping melinjo sangat digemari di beberapa daerah.

6 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Meski enak dan gurih, namun konsumsi melinjo selalu dikaitkan sebagai pemicu timbulnya penyakit, seperti rematik, pegal, linu, sakit pinggang serta nyeri pada persendian hingga asam urat.

Di lain sisi, timbul anggapan bahwa konsumsi kulit melinjo justru membawa manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan pencernaan hingga mampu menurunkan berat badan, benarkah?

Jalan Kaki Jadi Olahraga Terbaik bagi Penderita Asam Urat, Lakukan 30 Menit Sehari

Spesialis gizi klinis, dr Ida Gunawan, MS, SpGK(K) akan mengupas tuntas dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne Selasa 18 Desember 2018.

Tak hanya soal melinjo, AHS juga akan membahas topik seputar bahaya bertambahnya lingkar pinggang karena terkait dengan beberapa jenis penyakit serius. Topik tersebut akan dibahas oleh dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD, KEMD, PhD.

Asam Urat Tinggi Berisiko Dua Kali Lipat Kena Jantung Koroner, Benarkah?

Jika Anda tak sempat saksikannya lewat layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini. (rna)

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan baik sehingga berdampak buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024