Gizi Ikan Tongkol Setara Salmon, Tapi Waspada Bisa Picu Alergi

Ikan tongkol bumbu Bali.
Sumber :
  • Cookpad/arsini

VIVA – Bukan rahasia umum, ikan memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan dan metabolise tubuh. Misalnya protein, ragam vitamin hingga asam lemak omega-3.

Setelah Umumkan Hamil, Jennifer Coppen Ngidam Ikan Tongkol Balado

Namun, tidak semua ikan memiliki gizi yang lengkap. Ada beberapa jenis ikan (terutama ikan laut) yang digembar gemborkan selama ini memiliki gizi di atas rata-rata.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa jenis ikan seperti tuna, sarden, salmon, trout, dan makerel, memiliki kadar omega-3 yang tinggi. Sayangnya jenis-jenis ikan laut yang disebutkan tadi harganya cukup menguras kantong. 

6 Resep Ikan Tongkol, Cocok Untuk Disantap Setiap Saat

Padahal tak harus salmon, sarden atau tuna jika yang dicari adalah Omega-3. Ada jenis ikan lokal dengan kandungan Omega-3 yang bahkan lebih tinggi daripada salmon. Nilai gizi totalnya juga tak kalah.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ikan tongkol memiliki gizi dan kadar omega-3 yang tak kalah tinggi. Karena itu konsumsi tongkol bisa jadi alternatif pemenuhan gizi yang terjangkau.

Ini Hal Terpenting untuk Menunjang Keberhasilan Terapi Kanker

Tapi bagi Anda yang memiliki riwayat alergi, konsumsi ikan tongkol bisa memicu munculnya ruam, atau gatal-gatal. Bagaimana mengetahui gejalanya? Simak pembahasaannya dalam tayangan Ayo Hidup Sehat di tvOne Kamis 31 Januari 2019 bersama Spesialis Gizi Klinis dr Ida Gunawan SpGK. Tak hanya itu, AHS juga akan tayang live streaming pukul 13.00-14.00 WIB di laman ini. (ldp)

Nelayan menyortir ikan tongkol hasil tangkapan di Pelabuhan Perikanan Samudera Koetaraja, Banda Aceh, Aceh. (foto ilustrasi)

Harga Ikan Tongkol di Aceh Anjlok ke Rp 3.000 per Kg, Ini Penyebabnya

Hasil tangkapan nelayan beberapa hari terakhir berupa ikan tongkol di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja Lampulo, Banda Aceh meningkat tajam.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2024