Konsumsi Semangka Berlebih, Penyakit Jantung Mengintai

Semangka.
Sumber :
  • Pexels/freestocks.org

VIVA – Buah semangka dikenal dengan kandungan air yang sangat tinggi dan cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Tetapi, asupan semangka yang berlebih dapat memicu masalah kesehatan, seperti penyakit jantung.

Dede yang Siram Air Keras dan Bacok Pedagang Semangka sampai Tewas Terancam 15 Tahun Penjara

Semangka memiliki kandungan karbohidrat dalam jenis fruktosa. Kandungan tersebut ternyata dapat memicu terjadinya risiko penyakit jantung lebih tinggi.

"Kandungan fruktosa akan membuat trigliserid meningkat, sehingga risiko penyakit jantung juga meningkat," ujar spesialis gizi klinis dr. Christopher Andrian Sp.GK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa 7 Mei 2019.

Ikut Bergerak Bantu Palestina, Maharani Kemala: Aku Gak Mau Cuma Diam Tanpa Berbuat Sesuatu

Tak hanya itu, asupan semangka berlebih juga berbahaya untuk pasien diabetest, karena mengandung gula yang tinggi. Bahkan, konsumsi semangka terlalu banyak juga dapat membuat terjadinya masalah pada pencernaan.

"Fruktosa di dalam semangka yang masuk ke usus besar akan membuat bakteri di usus memetabolismenya. Hal ini memicu timbulnya gas dan membuat pencernaan bermasalah," ucapnya.

Jangan Dibuang Dulu, Ini 5 Manfaat Kulit Semangka untuk Kulit Wajah

Namun demikian, konsumsi semangka dapat mencegah kanker karena kandungan lycopene di dalamnya bersifat antioksodan dan membuat sel kanker sulit berkembang. Maka, disarankan agar membatasi asupan semangka untuk mendapatkan manfaat baiknya dan menghindari masalah yang ditimbulkan.

"Konsumsi sebanyak 1-2 potong saja dan di sela-sela makan atau sebagai snack. Selain itu, karena serat di semangka rendah, dianjurkan konsumsi semangka bersamaan dengan sayuran lain agar kebutuhan kadar serat tubuh terpenuhi," paparnya. (mar)

Pelaku kejahatan. Foto ilustrasi.

Bunuh Pedagang Semangka di Jaktim gegara Motif Asmara, Dede Jadi Tersangka

Pelaku dengan sadis menghabisi nyawa pedagang semangka, Utomo. Korban disiram air keras lalu bacok dengan celurit. Ternyata, korban diduga ada asmara dengan istri pelaku

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2024