Cegah COVID-19, Ini 5 Hal Penting Jaga Kebersihan Tangan

Ilustrasi mencuci tangan.
Sumber :
  • Freepik/shayne_ch13

VIVA – Empat warga negara Indonesia telah dikonfirmasi positif terinfeksi virus corona COVID-19. Dengan bertambah kasus serangan virus mematikan itu, pencegahan penyebarannya pun terus digalakkan salah satunya dengan menjaga kebersihan tangan.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, menurut para pakar, mampu menjadi cara efektif pencegahannya. Meski terdengar sederhana, menjaga kebersihan tangan memiliki banyak hal yang harus diperhatikan namun sering disepelekan. Berikut 5 hal penting untuk menjaga kebersihan tangan dikutip dari laman The Health Site.

Harus gunakan air mengalir atau hand sanitizer alkohol 60 persen

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar setiap orang mencuci tangan secara rutin. Namun, mencuci tangan harus pakai air mengalir seperti dari kran dan sabun. Jika mengenakan hand sanitizer, harus dengan kandungan alkohol 60 persen agar kuman mati.

Aturan 20 detik

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Cuci tangan minimal 20 detik. Terapkan setiap langkahnya. Pastikan air yang digunakan adalah sumber yang bersih dan diberikan di tiap bagian telapak tangan seperti sela jari dan ujung kuku.

Pastikan tangan kering

Setelah mencuci tangan, selalu pastikam tangan dalam keadaan kering. Dengan menghilangkan kelembaban di tangan, kecenderungan kuman untuk menempel kembali dapat terjadi lebih minim.

Gunakan tisu kering

Sebaiknya keringkan tangan dengan tisu dan hindari menggunakan kain atau handuk. Pemakaian kain cenderung berisiko menempelkan virus kembali ke tangan. Selain itu, jangan menggunakan pengering udara panas karena itu lebih berisiko menyebarkan kuman.

Tisu basah antibakteri

Jika tak ada air mengalir dan hand sanitiser, bisa menggunakan tisu basah dengan kandungan antibakteri. Media ini juga sama efektifnya dalam membasmi kuman yang menempel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya