Menu Makan Sehat Sekeluarga Hanya dengan Rp50 Ribu

Ilustrasi makanan
Sumber :
  • foodiesfeed

VIVA – Pandemi virus corona atau COVID-19, membuat perekonomian banyak orang jadi terpuruk. Tak sedikit yang kehilangan pekerjaan dan tidak lagi memiliki penghasilan. Untuk itu, kita harus pintar-pintar berhemat untuk menekan pengeluaran. 

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Salah satunya bisa dilakukan dengan memasak makanan sendiri di rumah. Memasak makanan sehat tidak harus mahal lho, asal kamu mengetahui triknya. 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang tentu menjadi wajib agar imunitas tetap terjaga sehingga kita tidak mudah tertular virus. Lalu, bagaimana cara mendapat dua manfaat sekaligus, murah dan sehat? 

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

"Prinsip makan jangan asal kenyang, makan itu harus memenuhi gizi yang seimbang. Artinya, zaman COVID-19 ini kan yang dibutuhkan daya tahan tubuh. Dan daya tahan tubuh baru bisa terbentuk baik kalau makanan baik. Makanan baik ini selalu orang-orang berpikir yang mahal, faktanya enggak," ujar spesialis gizi klinis, dr. Ida Gunawan SpGK, melalui tayangan Hidup Sehat di tvOne, Kamis 4 Juni 2020. 

Lebih lanjut dokter Ida menjelaskan, untuk memenuhi makanan seimbang, yang pertama syaratnya harus ada karbohidrat. Untuk orang Indonesia, karbohidrat yang paling mudah bisa didapat melalui nasi. 

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

"Habis itu kita butuh protein, ada hewani dan nabati. Hewani contohnya ayam, ikan dan telur. Ayam tidak terlalu mahal di pasar, belilah ayam broiler satu ekor paling Rp50 ribu tapi besar. Jadi, satu hari bisa pake setengah ayam, jadi bisa dimakan buat 2 hari," lanjut dia.

Sedangkan porsi untuk satu kali makan, cukup 40 - 60 gram saja, yaitu setara dengan satu potong sayap ayam, bisa dibagi menjadi dua, yang bisa dikonsumsi untuk dua kali makan. Setelah itu, tambahkan protein. 

"Misal hari ini mau makan nasi pakai ayam, terus kita ambil protein nabati, ada tahu atau tempe, ambillah tahu satu. Sayurannya misal tumis jagung muda sama wortel. Jagung muda paling berapa sih di pasar, terus wortel cukup 3 batang, kemudian ditumis," kata dia. 

Jika dihitung, keseluruhan nasi beserta lauk pauk tidak sampai Rp50 ribu. Kamu dan keluarga sudah bisa memenuhi asupan gizi seimbang, sekaligus berhemat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya