Kesalahan Kecil Ini Bikin Pemakaian Masker Tidak Aman, Saat COVID-19

masker
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pada masa pandemi COVID-19, memakai masker adalah salah satu dari banyak cara untuk menjaga diri Anda aman dan mencegah risiko infeksi. Namun, mengenakan masker bukanlah hal yang paling nyaman, terutama selama berjam-jam. Itu bisa membuat Anda gatal, berkeringat, dan bahkan sedikit sesak.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Jika tidak mengenakan masker dengan cara yang benar, Anda sebenarnya mempertaruhkan kesehatan Anda sendiri. Para ahli juga mengatakan bahwa beberapa kesalahan, bahkan ketika Anda sakit dapat membuatnya berpotensi tidak aman.

Meskipun masker telah dibuat wajib oleh beberapa pihak berwenang dan dianggap sebagai salah satu bentuk pertahanan terbaik, satu kesalahan yang bisa membuatnya kurang efektif adalah batuk berulangkali saat mengenakan masker.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Bahayakan Kesehatan, BMKG Imbau Warga Pakai Masker

Meskipun masker mengurangi risiko penularan saat Anda sakit atau dalam kontak dekat dengan seseorang yang menunjukkan gejala, masker tidak dapat menghentikan semua tetesan yang Anda sebarkan ketika batuk. 

Artinya, menggunakan masker atau alat pelindung dapat menghentikan penyebaran tetesan tertentu, tetapi meskipun begitu, terkadang tetesan dapat menempuh jarak hingga 3 kaki.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Untuk hal yang sama, penelitian dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Nicosia di Siprus, yang menggunakan model komputer untuk mempelajari seberapa jauh tetesan dapat menyebar. Dijelaskan bahwa bahkan dengan masker yang bagus, tetesan dapat menempuh jarak tertentu.

Mengapa ini terjadi

Hal ini terutama terjadi karena tekanan udara yang menumpuk ketika Anda mengenakan masker, yang mengeluarkan iritasi dan tetesan tertentu.

Dijelaskan, bahwa tetesan terkecil mampu melakukan perjalanan terjauh. Sementara ini membutuhkan dukungan lebih ilmiah, itu juga mengamati bahwa mengenakan masker mampu mengurangi risiko pada tingkat tertentu. 

Dibandingkan dengan mereka yang memakai alat pelindung diri (APD), penularan virus dari mereka yang tidak mengenakan masker naik dua kali lipat.

Selalu kenakan masker

Mengenakan masker secara efektif mengurangi jumlah air liur ketika seseorang batuk ke dalam ruangan, menyiratkan bahwa jika orang sakit memakai masker, orang lain akan lebih terlindungi.

Ada banyak jenis masker yang tersedia di pasaran. Sementara topeng N95 memberikan tingkat perlindungan tertinggi, masker kain yang dapat digunakan kembali dan masker bedah juga bekerja dengan baik. Satu-satunya hal yang harus Anda pastikan adalah pembuangan dan perawatan yang tepat.

Pada saat yang sama, Anda juga harus memakainya dengan cara yang benar. Itu tidak bisa cukup ditekankan. Ini mungkin sedikit tidak nyaman, tetapi mereka adalah satu-satunya hal yang dapat membuat Anda tetap aman saat ini. 

Jangan sampai longgar, jangan menyentuh masker, atau melepasnya untuk berbicara adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari. Pastikan menggunakan masker yang sesuai dengan ukuran Anda.

Mengenakan masker wajah hanya salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona, dan gelombang kedua yang mungkin terjadi ketika negara-negara di seluruh dunia mulai membuka kembali pembatasan sosial. 

Mempraktikkan jarak sosial, menghindari keramaian, mencuci dan membersihkan permukaan secara teratur dan memastikan pembuangan masker yang tepat dapat mengurangi risiko COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya