OTG Corona Bisa Sembuh Tanpa Obat, Tapi Sangat Menular

Ilustrasi virus corona.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Orang Tanpa Gejala (OTG) merupakan kelompok yang cukup banyak dalam kasus virus corona atau COVID-19. Kelompok OTG ini sangat sulit dideteksi, lantaran pasien merasa sehat dan fit padahal dapat menularkan virus corona kepada orang lain di sekitarnya.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

"50 persen OTG, 30 persennya gejala ringan dan 20 persen dengan gejala berat," ujar ahli farmakologi, Prof dr. Taruna Ikrar MPharm, MD, PhD, dalam acara virtual Ngopi Pagi, Rakyat Merdeka, Senin, 13 Juli 2020.

Peneliti Obat dan Vaksin di ASGCT, US ini mengklaim bahwa 50 persen OTG tersebut yang mampu memindahkan penyakit dengan tanpa disadari. Terlebih, banyak OTG yang bisa sembuh sendiri tanpa obat yang dikonsumsi untuk membasmi virus tersebut.

Soekarno-Hatta Earns the Most Recovered Airport in Asia-Pacific

"50 persen ini memindahkan (virus). Tanpa gejala disebabkan, saat imunitas tubuh kuat dan sel-sel virus tidak hantam sel tubuhnya sehingga reaksi peradangan itu tidak terjadi. Bisa sembuh sendiri tanpa obat," paparnya.

Lebih lanjut, Prof Taruna mengingatkan bahwa sebagian dari OTG ini dapat mengalami gejala dalam beberapa hari ke depan. Itu artinya, imunitas tubuh sudah menurun serta virus yang semakin menguat.

DMI Gelar Muktamar ke-VIII, Ini Tiga Agenda Penting yang Dibahas

Prof Taruna juga memaparkan, dalam sebuah jurnal tercatat bahwa OTG tak terdeteksi, bahkan usai dites usap hidung dan mulut. Namun, virus baru terdeteksi saat dites di sumsum tulang belakamg.

"Artinya virus ini pintar untuk bertahan hidup. Jadi konsekuensinya (OTG), bisa warning ke tahap berikutnya (gejala ringan atau berat). Dipastikan bisa menularkan," kata dia.

Jepang/Ilustrasi.

Muncul Wabah Langka dan Mematikan di Jepang, 21 Orang Meninggal

Sebuah wabah penyakit langka dan mematikan tengah melanda Jepang. Wabah tersebut merupakan penyakit streptokokus grup A, Streptococcal Toxic Shock Syndrom (STSS).

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024