Diklaim Murah, Ini Harga Vaksin Virus Corona di Seluruh Dunia

Ilustrasi vaksin virus corona
Sumber :

VIVA – Dari semua kandidat vaksin yang ada di seluruh dunia, vaksin dari Universitas Oxford, yaitu Moderna Inc., Cansino Biologics dan Pfizer BionTech, memimpin sementara dalam perlombaan.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Sementara semua vaksin tersebut telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dan aman dalam uji klinis awal. Satu kekhawatiran besar yang dipikirkan oleh para ahli adalah mengenai harga dan distribusinya.

Sebelum vaksin disetujui untuk disebarkan secara massal, ada banyak pertanyaan tentang distribusinya.

Soekarno-Hatta Earns the Most Recovered Airport in Asia-Pacific

Akankah vaksin tersedia untuk semua orang? Apakah akan ekonomis? Akankah perusahaan mendapat keuntungan dari distribusi vaksin, karena mereka berjanji akan memproduksi jutaan dosis vaksin?

Baca juga: Desta Terobsesi Jadi Personel NOAH, Ini Keputusan Ariel

DMI Gelar Muktamar ke-VIII, Ini Tiga Agenda Penting yang Dibahas

Dilansir Times of India, beberapa raksasa farmasi diketahui telah mengumumkan rencananya untuk meningkatkan produksi. Sementara yang lain, sudah menandatangani kesepakatan dengan negara lain untuk pemesanan vaksinnya.

Moderna Inc, yang sedang mengerjakan peluncuran prototipe mereka, mRNA-1273 dalam beberapa bulan mendatang. Baru-baru ini mereka mengumumkan akan menawarkan vaksinnya kepada publik, dengan harga berkisar US$32-US$37 atau setara Rp469 ribu-Rp542 ribu.

Pihak perusahaan mengatakan, penetapan harga akan dilakukan dengan mempertimbangkan aksesibilitas, dan akan sejalan dengan harga “penetapan harga pandemi”, yang menyiratkan bahwa vaksin akan dijual dengan harga murah selama masa krisis.

Di sisi lain, Oxford telah mendapatkan dana untuk meningkatkan produksi. Namun, para peneliti tidak bisa menahan diri untuk mengomentari kesenjangan mengenai harga vaksinnya. Serum Institute, yang akan memasarkan produk ini di India berkomentar bahwa vaksin tersebut akan dijual dengan harga kurang dari Rp200 ribu.

Pfizer, yang telah menandatangani pakta dengan pemerintah AS juga mengumumkan bahwa mereka akan membatasi harga produknya di bawah Rp300 ribu dan akan tersedia untuk umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya