6 Menu Sarapan Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pixabay/Jill Wellington

VIVA – Sarapan memiliki peranan penting dalam membantu menurunkan berat badan. Bahkan sebuah riset dari Monash University yang dilakukan dengan menganalisis efek dari sarapan secara teratur bisa berpengaruh terhadap perubahan berat badan dan asupan energi harian. 

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Hasilnya, total asupan energi harian, alias kalori yang diasup, lebih tinggi pada peserta yang mengonsumsi sarapan daripada peserta yang melewatkannya, yaitu rata-rata 260 kalori lebih banyak dalam sehari.

Lalu sarapan seperti apa yang bisa membantu untuk diet Anda? Ahli Gizi dari Atlanta dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Kristen Smith, RD menjelaskan bahwa sarapan dengan makanan yang kaya akan protein dapat meningkatkan rasa kenyang. Sebab, makanan yang kaya akan protein akan lebih lama dicerna oleh tubuh. 

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

"Mengonsumsi makanan yang kaya protein dapat meningkatkan rasa kenyang, dan  dapat membantu menurunkan berat badan karena kamu kalau kamu kenyang maka kamu akan makan semakin sedikit," kata dia.

Baca juga: Studi Baru Klaim Sarapan Lebih Banyak Ampuh Turunkan Berat Badan?

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Selain itu, makan makanan yang rendah karbohidrat juga akan membantu tubuh untuk belajar membarkar lemak menjadi energi. Hal ini berbanding terbalik kalau kamu sarapan dengan kandungan karbohidrat yang berlebihan, karena dapat menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak lemak. 

Berikut ini enam makanan yang tinggi protein untuk membantu menurunkan berat badanmu seperti dilansir dari laman RD.com.

Telur

Telur menjadi salah satu rekomendasi sarapan tinggi protein. 6 gram protein mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat. Kamu bisa membuat telur rebus untuk dikonsumsi atau dibuat menjadi scramble eggs

Dada ayam

Dada ayam akan membuat kamu kenyang lebih lama karena dada ayam mengandung protein tinggi. Konsumsi 3 ons dada ayam setara atau segegam tangan Anda untuk dikonsumsi. Usahakan untuk mengolahnya dengan cara dipanggang, dan bukan digoreng. Dada ayam bisa dikombinasikan dengan salad. 

Greek youghurt

Yoghurt diketahui baik untuk kamu yang tengah berdiet. Dari semua jenis yoghurt pilihlah yoghurt greek dibandingkan dengan yoghurt dengan tambahan buah karena umumnya yoghurt jenis ini tinggi akan gula. Anda bisa mengolah yoghurt dengan tambahan kayu manis, sedikit mentega dan almond. 

Kacang

Mengonsumsi 1/4 kacang untuk sarapan diketahui mengandung 9 gram protein dan 6 gram karbohidrat. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa mengonsumsi selai kacang namun tetap harus tanpa kandungan gula, garam atau minyak. 

Brokoli 

Jika kamu adalah vegetarian kamu bisa mengonsumsi 1 cup brokoli rebus untuk sarapan kamu. Brokoli diketahui merupakan sayuran hijau yang tinggi akan protein. 

Tahu

Tahu juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang vegetarian. Terbuat dari kedelai, tahu diketahui tinggi akan protein nabati. 1/2 cup tahu mengandung 10 gram protein dan 2 gram karbohidrat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya