Belajar dari Kasus Chicco Jerikho, Rajin Olahraga Kok Bisa Kena Sepsis

Chico Jericho
Chico Jericho
Sumber :
  • IG @thelastmelody_shortfilm

VIVA – Beberapa waktu yang lalu, kita dikejutkan dengan berita mengenai Chicco Jerikho, yang terbaring di rumah sakit. Suami dari Putri Marino itu didiagnosa mengalami infeksi virus (sepsis), bahkan kondisinya sempat kritis. 

Padahal, sebelumnya dia tidak merasakan gejala apa pun dan masih beraktivitas seperti biasa. Bahkan, Chicco masih sempat berolahraga dan syuting di hari itu. 

Lalu, mengapa seseorang yang terlihat bugar dan rajin olahraga, tapi masih bisa terserang sepsis? Spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH., MMB., FINASIM., FACP, akan memberikan jawabannya. 

"Terjadinya suatu infeksi itu pertama adalah daya tahan tubuh. Kemudian jumlah bakteri, kemudian faktor lingkungan," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 18 Oktober 2021. 

Prof. Ari Fahrial menambahkan, "Nah daya tahan tubuh kita, oke dia olahraga teratur, kemudian juga kayanya sehat, makannya juga dijaga, tapi kan dia ada masa-masa di mana misalnya dalam keadaan stres tinggi. Mungkin juga karena ada banyak pekerjaan, tidurnya kurang. Karena beban kerja banyak, akhirnya makannya terganggu. Kan bisa saja yang selama ini dia olahraga, daya tahan tubuhnya terganggu.”

Ilustrasi Tidur
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi Tidur

Prof. Ari menambahkan, di saat imunitasnya sedang melemah, lalu kemudian ada bakteri yang masuk ke dalam tubuh, maka orang tersebut akan terinfeksi.