Dua Gejala Omicron Ini Tidak Terlihat Jelas Saat Sedang Pilek

Batuk dan pilek
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Gejala varian omicron kurang lebih sama dengan flu biasa. Ada perbedaan kecil yang sulit untuk membedakan antara dua kondisi yang memengaruhi sistem pernapasan. Gejala yang tumpang tindih dapat membuat kebingungan nyata pada saat ini ketika kasus Omicron melonjak di seluruh dunia dan penurunan suhu meningkatkan risiko flu biasa. 

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Namun para ahli memperingatkan bahwa kedua gejala tersebut muncul dengan cepat dalam kasus omicron. Dilansir dari Times of India, mengenali tanda-tanda ini dapat membantu Anda mendapatkan perawatan dini dan mengurangi risiko komplikasi.

?Dua tanda yang tidak biasa

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Studi awal yang dilakukan untuk memahami sifat varian Omicron menunjukkan bahwa ia tidak memiliki gejala yang sama dengan strain aslinya. Menurut para ahli, dalam kasus varian biasanya memiliki gejala yang berbeda. Begitu juga dengan omicron. 

Tetapi gejala Omicron mirip dengan pilek, tetapi dua hal muncul secara bertahap dengan timbulnya Omicron dan tidak terlihat pada pilek-sakit kepala dan kelelahan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian baru dapat menginfeksi lebih banyak orang karena tiga kali lebih mudah menular daripada yang sebelumnya. Virus dalam beberapa kasus bahkan dapat melampaui kekebalan yang diberikan oleh vaksin dan infeksi alami. 

Namun, gejala varian Omicron mungkin tidak separah varian Delta yang menyebabkan gelombang kedua dan merenggut jutaan nyawa di seluruh dunia awal tahun ini. Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini, beberapa gejala umum Omicron meliputi:

Ilustrasi demam

Photo :
  • U-Report

- Demam ringan yang hilang dengan sendirinya
- Kelelahan
- tenggorokan gatal
- tubuh sakit

Tidak seperti kasus infeksi COVID-19 sebelumnya, varian Omicron mungkin tidak menyebabkan hilangnya rasa dan penciuman, yang merupakan tanda infeksi virus.

Sampai saai ini, para ahli belum bisa membedakan gejala varian Omicron dan Delta. Data yang dikumpulkan sejauh ini mengungkapkan bahwa hanya 50 persen orang yang mengalami tiga gejala klasik virus corona - demam, batuk, atau kehilangan indra penciuman atau perasa. Terlepas dari ini, gejala lain di kedua jenis varian meliputi:

- Pilek
- Sakit kepala
- Kelelahan (ringan atau berat)
- Bersin
- Sakit tenggorokan.

Cara melindungi diri dari varian omicron

Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, menerima vaksin COVID-19.

Photo :
  • Instagram

Meskipun tidak ada informasi yang jelas tentang efektivitas vaksin yang saat ini diberikan, vaksinasi adalah satu-satunya cara untuk mengurangi risiko infeksi. 

Menjelang Natal dan Tahun Baru, risiko infeksi bahkan lebih besar. Meskipun Anda sudah mendapat dua dosis vaksin, yang terbaik adalah tetap berada di dalam rumah dan menghindari pertemuan sosial. Kenakan masker setiap saat, jaga kebersihan dan bicarakan dengan dokter Anda jika Anda melihat gejala apa pun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya