Varian COVID-19 Gabungan Deltacron Ditemukan, Berbahayakah?

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.
Sumber :
  • pexels/Edward Jenner

VIVA – Varian COVID-19 baru yang potensial, kombinasi dari varian Delta dan Omicron atau disebut dengan Deltacron, telah diidentifikasi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kombinasi COVID-19 baru telah terdeteksi di Prancis, Belanda dan Denmark. 

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Dikutip dari USA Today, Kamis, 10 Maret 2022, varian yang diprediksi banyak pakar Imitu juga ditemukan di Amerika Serikat, menurut laporan baru yang akan segera diterbitkan di situs penelitian MedRxiv. Hal itu terbukti dari Laboratorium Helix yang berkantor pusat di San Mateo, California, yang bekerja dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk melacak COVID-19.

Para peneliti mengurutkan 29.719 sampel positif COVID yang dikumpulkan pada 22 November 2021 hingga 13 Februari 2022 dari seluruh AS, menurut tim peneliti, termasuk University of Washington Medical Center dan perusahaan pengujian Thermo Fisher Scientific.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Para peneliti menemukan dua infeksi yang melibatkan versi Deltacron yang berbeda, yang dihasilkan dari kombinasi materi genetik Delta dan Omicron. Dua puluh infeksi lain memiliki varian Delta dan Omicron, dengan satu kasus memiliki Delta, Omicron dan Deltacron.

Seberapa berbahaya Deltacron?

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik

Mungkin, varian itu tidak berbahaya untuk sekarang. Dibandingkan dengan varian seperti Delta dan Omicron, variasi baru ini di mana para peneliti belum mengadopsi nama “Deltacron” secara resmi, tampaknya tidak akan menyebar, kata William Lee, chief science officer di Helix.

“Fakta bahwa tidak banyak, bahkan dua kasus yang kami lihat berbeda, menunjukkan bahwa itu mungkin tidak akan meningkat ke varian tingkat kekhawatiran dan menjamin nama huruf Yunaninya sendiri," katanya.

Senada, WHO juga menilai varian gabungan itu terkesan tak berbahaya. Sejauh ini, di tempat-tempat di mana Deltacron telah terdeteksi juga angkanya masih rendah.

"Tingkat deteksi ini sangat rendah," kata ahli epidemiologi penyakit menular Amerika dan pimpinan teknis COVID-19 WHO, Dr. Maria Van Kerkhove, dalam konferensi pers.

Ilustrasi virus corona.

Photo :
  • Freepik/pikisuperstar

Untuk saat ini, kata Maria, WHO belum melihat perubahan dalam epidemiologi. Dan mengenai Deltacron, Maria menilai tak ada perubahan pada tingkat keparahan.

"Kami belum melihat adanya perubahan tingkat keparahan. Tetapi ada banyak penelitian yang sedang berlangsung," bebernya.

Seorang ahli epidemiologi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan, William Hanage, sependapat. Menurutnya, itu serupa dengan varian lain jika menghasilkan jumlah kasus yang banyak.

"Jadi tidak (bahaya). Kalau tidak menimbulkan banyak kasus, masyarakat tidak perlu khawatir," imbuhnya.

Pemicu kombinasi Deltacron

Ilustrasi jaga jarak/virus corona/COVID-19.

Photo :
  • Freepik/pikisuperstar

Virus seperti strain SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 dapat berubah dan bermutasi. Misalnya, mutasi yang menyebabkan varian Delta menghasilkan varian yang membuat orang lebih cepat menularkan. Varian Omicron itu sendiri lebih menular dan ditemukan menginfeksi kembali beberapa orang yang sudah memiliki COVID.

"Sayangnya, kami berharap melihat rekombinan karena inilah yang dilakukan virus, mereka berubah seiring waktu," kata Van Kerkhove. "Kami melihat tingkat sirkulasi yang sangat intens. Kami melihat virus ini menginfeksi hewan, dengan kemungkinan menginfeksi manusia lagi. Jadi sekali lagi, pandemi masih jauh dari selesai."

Mengapa Deltacron disorot?

Ilustrasi jaga jarak/virus corona/COVID-19.

Photo :
  • Freepik

Biasanya, mutasi terjadi terus menerus hingga menjadi cukup kuat untuk menjadi sesuatu yang baru. Dalam hal ini, terjadi mutasi yang berbeda, mungkin karena keberadaan Delta yang terus berlanjut selama gelombang Omicron. 

"Selama beberapa minggu kasus koinfeksi mungkin terjadi lebih sering daripada yang kita ketahui, karena sulit untuk dideteksi," kata Lee.

Sementara orang mungkin tidak perlu khawatir tentang hal ini, para peneliti dapat belajar dari pengembangan Deltacron. Menurut Lee, ini adalah fenomena yang menarik dan membantu kita lebih memahami tentang bagaimana virus berevolusi dan bagaimana pandemi terus bertahan.

Ilustrasi virus corona COVID-19

Photo :
  • pixabay

"Perubahan varian yang berkelanjutan memvalidasi perlunya pengawasan nasional yang sedang berlangsung untuk mengidentifikasi varian potensial yang menjadi perhatian sebagai bagian dari sistem peringatan dini yang memantau tren virus baru, termasuk COVID, flu, dan virus lainnya," katanya.

Pengujian dan studi terus-menerus terhadap virus itu penting, lanjut Maria Van Kerkhove. Juga, sangat penting bagi para pakar untuk melanjutkan pengurutan, bahwa pihaknua memiliki representasi geografis pengurutan yang baik di seluruh dunia.

"Dan bahwa sistem yang telah diterapkan untuk pengawasan pengujian pengurutan, saat ini diperkuat, tidak diambil terpisah, karena kita harus melanjutkan ke tantangan berikutnya," pungkas Maria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya