5 Cara Mencerahkan Siku di Rumah dengan Bahan-bahan Alami

Ilustrasi siku
Sumber :
  • Freepik/karlyukav

VIVA – Biasanya area tubuh yang bisa terlipat seperti siku bisa menjadi gelap  jika tidak dirawat dengan baik dan tentunya dapat mengganggu penampilan seseorang. Setiap orang, terutama para wanita pastinya menginginkan penampilan yang baik untuk mereka seperti memiliki siku yang cerah dan tidak berwarna gelap. 

Ikuti 6 Cara Ini Agar Bisa Cantik Meski dari Rumah

Nah, siku hitam ini kerap dialami oleh sebagian orang karena mungkin mereka kurang memperhatikan siku mereka. Namun tidak perlu terlalu khawatir karena kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan beberapa cara mencerahkan siku yang hitam.

Perawatan rumahan menjadi yang paling mudah  sebagai cara mencerahkan siku yang gelap. Pertama, karena biayanya murah dan tidak menimbulkan efek samping karena menggunakan bahan alami. 

Dokter Spesialis Ungkap Keajaiban Cellbooster, Teknologi Canggih untuk Tampil Awet Muda

Berikut ini sejumlah cara mencerahkan siku yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah agar siku yang gelap bisa menjadi cerah kembali. 

1. Menggunakan lidah buaya

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Pixabay/casellesingold

Cara mencerahkan siku pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan lidah buaya atau aloevera. Dalam sebuah studi tahun 2012 Trusted Source menyarankan bahwa lidah buaya dapat membantu mencerahkan kulit. Karena ada proses stimulasi reseptor adrenergik alfa yang terjadi saat lidah buaya dioleskan ke kulit. Kamu bisa menggunakan lidah buaya atau aloevera secara rutin untuk hasil yang maksimal hingga dua kali sehari.

2. Menggunakan soda kue

ilustrasi baking soda atau soda kue

Photo :
  • Pixabay

Kamu juga bisa menggunakan soda kue untuk membantu mencerahkan warna siku. Hal itu dikarenakan sifat pengelupasan dan pencerah kulit yang dimiliki soda kue untuk mengatasi siku yang warnanya gelap. 

Cara untuk memakainya pun juga terbilang sangat mudah, kamu hanya tinggal mencampurkan 1 sendok teh soda kue ke dalam mangkuk yang sudah diisi air. Kemudian aduk hingga rata dan kamu bisa mulai mengoleskannya ke area siku yang gelap dan diamkan sekitar 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air dan lakukan secara rutin setiap dua kali seminggu. 

3. Menggunakan buah sitrus

Buah lemon

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan buah sitrus untuk membantu mencerahkan siku yang gelap. Buah jeruk atau lemon memiliki potensi yang bermanfaat untuk membantu mencerahkan siku gelap di tubuhmu. Cara memakainya juga sangat mudah, kamu hanya tinggal memeras jus dari buah jeruk ke dalam cangkir. Kemudian, oleskan ke area siku yang gelap dengan menggunakan kapas atau kain lap. Kamu bisa melakukannya setiap hari dengan rutin. 

4. Menggunakan oatmeal dan yogurt

Sarapan oatmeal

Photo :
  • U-Report

Oatmeal dan yogurt juga bisa menjadi pilihan bahan alami yang bisa membantu mencerahkan siku yang gelap. Hal itu dikarenakan oatmeal dan yogurt memiliki efek menenangkan yang dapat menambah kelembaban ekstra pada kulit yang kering termasuk siku. Cara memakainya lagi-lagi tidak sulit, kamu hanya tinggal mencampurkan oatmeal dan yogurt menjadi satu dengan perbandingan yang sama. Kemudian aduk hingga merata dan oleskan pada area siku. Diamkan sekitar 20 menit lalu bilas. Kamu bisa melakukannya dengan rutin agar hasil maksimal. 

5. Menggunakan kunyit

Kunyit.

Photo :
  • U-Report

Terakhir, kamu bisa menggunakan kunyit sebagai bahan alami untuk membantu mencerahkan siku. Bubuk kunyit diketahui dapat membantu berbagai kondisi kulit saat digunakan sebagai pasta.Untuk membuatnya kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan air di dalam wadah. Kemudian aduk hingga rata dan mulailah oleskan pada area siku yang gelap. Diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya