Yuk Aktif Gerak, Ini 4 Olahraga Tepat saat Puasa

Jogging.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Setelah dua tahun belakangan kita dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa dan merayakan Hari Raya Idul Fitri di Rumah aja, akhirnya pada tahun ini kita mulai bisa kembali berkumpul bersama teman dan keluarga untuk berbuka puasa bersama dengan penuh sukacita dan tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan. 

IA ITB Cup Kembali Digelar, 24 Tim Turut Ramaikan

Mungkin di antara kita bahkan sudah ada yang merencanakan perjalanan mudik untuk kembali bisa merayakan Lebaran bersama keluarga dan kerabat. Kita sudah merasa lebih aman untuk bersosialisasi dan bepergian, dalam batasan tertentu, karena kita sudah mendapatkan vaksin dua kali dan banyak juga di antara kita yang sudah mendapatkan booster vaksin.

Selama menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadan ini, kita tetap perlu menjaga stamina dan daya tahan tubuh, baik secara fisik maupun psikologis. Secara fisik, selain memperhatikan asupan gizi yang cukup, ahli gizi Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D juga mengingatkan pentingnya tetap berolahraga di bulan puasa dan sebaiknya dilakukan secara teratur setiap hari.

Jakarta Running Festival 2024 Segera Dimulai

“Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya," kata Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D selaku Dosen dan ahli gizi, founder aplikasi @gizinusantara

Berikut adalah beberapa olahraga ringan yang dapat kamu lakukan setelah berbuka puasa, dikutip dari keterangan pers Greenfields.

May Day, Jokowi Gowes hingga Main Bola di Mataram NTB

Jalan santai

Jalan Santai

Photo :
  • Pixabay/pexels

Jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang, serta mengurangi lemak tubuh.

Jogging

Jogging memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan.

Naik turun tangga

Gerakan sederhana seperti naik turun tangga dapat membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan dalam berolahraga, hingga meningkatkan kekuatan tubuh.

Sit up-Push Up

Ilustrasi push up

Photo :
  • Pixabay/keifit

Sit up dan push up memiliki banyak manfaat, seperti menjaga postur tubuh, membangun otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan kelenturan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya