Jangan Lengah, Tanda dan Gejala COVID-19 yang Harus Selalu Diwaspadai

Pilek
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Meskipun saat ini dampak virus corona telah berkurang sekarang setelah kami divaksinasi, kita tetap tidak boleh berhenti mempraktikkan tindakan pencegahan untuk menjaga virus sejauh mungkin.

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

Selain mengambil langkah pencegahan, kita juga harus mewaspadai berbagai tanda dan gejala yang akan membantu kita untuk mencari bantuan medis sedini mungkin agar tidak menunda pengobatan dan memperburuk kondisi kesehatan.

Padahal menghindari COVID-19 sangat penting dan untuk itu kita harus menjaga kebersihan, begitu juga dengan pengetahuan dasar tentang gejala infeksi, demikian dikutip dari Times of India.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Gejala COVID-19 tumpang tindih dengan gejala infeksi yang umum ditemukan seperti influenza atau flu biasa. Inilah alasan utama mengapa kita semua tidak memperhatikan tanda-tanda awal COVID-19. Kita telah hidup dengan pilek dan flu biasa dan tubuh kita telah mengkondisikan dirinya untuk melawan infeksi ini.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik
Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Saat ini, virus corona varian Omicron tersebar luas di seluruh benua. Tiga sub varian Omicron-BA.1, BA.2 dan rekombinan BA.1 dan BA.2 yang dikenal sebagai XE- menginfeksi orang di seluruh dunia. Karena karakteristik tingkat penularannya, varian ini mampu mengambil alih varian Delta nenek moyangnya dalam waktu singkat. 

Mengapa penting untuk diwaspadai gejala umum COVID-19?

COVID-19 adalah penyakit menular. Varian Omicron dari virus pemicu COVID-19 sangat menular dan memengaruhi seluruh populasi dalam waktu singkat.

Tahun ketiga pandemi, kita telah mengetahui bahwa tingkat keparahan, gejala dan tanda infeksi COVID-19 bervariasi dari individu ke individu. Diketahui juga bahwa meskipun vaksinasi akan mengurangi risiko yang terkait dengan tingkat keparahan penyakit, vaksinasi tidak efektif dalam menghentikan terjadinya infeksi.

Memahami tanda-tanda infeksi yang berbeda akan membantu dalam mengambil bantuan medis pada waktu yang tepat. Perawatan medis yang tepat waktu dapat membantu seseorang pulih dengan cepat. 

Ini bisa bermanfaat bagi mereka yang sudah tua, memiliki penyakit penyerta, sedang hamil dan memiliki penyakit lain. Berikut adalah ejala umum COVID-19

Batuk

Batuk dan pilek

Photo :
  • Times of India

Batuk adalah gejala COVID-19 yang sangat umum. Batuk COVID-19 berbeda dengan batuk lainnya. Seseorang dengan COVID akan mengalami batuk kering dalam jangka waktu yang lama. Batuk baru yang berlangsung lama dan terjadi lebih dari 3-4 episode per hari harus segera diberikan penanganan medis.

Hidung meler

COVID-19 adalah penyakit pernapasan. Hidung meler atau hidung tersumbat adalah gejala umum dari COVID-19. Jika Anda mengalami hidung tersumbat dan juga mengalami kesulitan bernapas, lakukan tes COVID-19 dan minta bantuan dokter.

Kelelahan

Perempuan kelelahan

Photo :
  • Pinkvilla

Kelelahan adalah gejala khas COVID-19. Hampir setiap individu yang telah terinfeksi virus mengeluhkan kelelahan yang berlebihan selama infeksi dan bahkan berhari-hari setelah sembuh darinya.

Sakit Tenggorokan

sakit tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Gejala yang biasa ditemukan pada masa COVID-19  yang dipimpin oleh varian Omicron, sakit tenggorokan, adalah ketika merasa gatal di daerah tenggorokan. Rasa gatal di tenggorokan juga merupakan tanda adanya infeksi pada saluran pernapasan.

Sakit kepala

Sakit kepala tidak boleh diabaikan terutama selama pandemi COVID-19. Sakit kepala adalah tanda yang sangat umum dari COVID-19, meskipun sering terjadi pada beberapa infeksi dan penyakit.

Nyeri otot

Nyeri otot Nyeri otot

Photo :
  • U-Report

Nyeri hebat pada otot dan nyeri tubuh dilaporkan oleh banyak orang selama gelombang ketiga COVID-19, meskipun kejadiannya selama gelombang pertama dan kedua tidak umum.

Demam

Ilustrasi sakit/demam.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

Demam adalah reaksi tubuh terhadap serangan patogen. Ketika suhu tubuh naik di atas 100 derajat F, dianggap bahwa individu tersebut telah mengembangkan penyakit.

Bersin

Bersin terus menerus dalam durasi yang lebih lama bukan hanya gejala lain dari COVID-19, tetapi juga merupakan alasan utama penularan penyakit.

Perilaku yang sesuai dengan COVID-19 adalah yang perlu kita ikuti untuk menghentikan penyebaran virus.

- Mengenakan masker
- Sering cuci tangan
- Karantina diri saat gejala berkembang
- Membatasi aktivitas di luar ruangan selama dan beberapa hari setelah infeksi
- Jauhkan anak-anak dan orang tua selama infeksi dan beberapa hari setelah pemulihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya