6 Cara Cepat Meredakan Asam Urat yang Sangat Mujarab

penyakit asam urat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Penyakit asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan rasa nyeri, bengkak, dan kemerahan. Penyakit ini terjadi karena penumpukan kristal asam urat yang berbentuk tajam di bagian sendi.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Dikutip dari laman WebMD, Senin, 8 Mei 2023,  kristal asam urat sendiri terbentuk akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam tubuh atau kerap disebut hiperurisemia.

Ilustrasi asam urat.

Photo :
  • U-Report
6 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Namun, tidak semua orang dengan hiperurisemia akan berkembang menjadi penyakit asam urat atau gout yang menimbulkan nyeri sendi.

Saat terjadi serangan asam urat, penderita perlu melakukan beberapa langkah untuk meredakan rasa nyerinya. Bukan hanya bertujuan untuk menyembuhkan rasa nyeri akibat serangan, langkah ini juga membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Jalan Kaki Jadi Olahraga Terbaik bagi Penderita Asam Urat, Lakukan 30 Menit Sehari

Berikut cara cepat meredakan asam urat yang VIVA lansir dari WebMD:

  1. Konsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti ibuprofen atau naproxen, untuk meredakan rasa sakit dan peradangan.
  2. Minum obat-obatan yang dapat menurunkan kadar asam urat, seperti allopurinol atau probenecid, untuk mencegah serangan asam urat selanjutnya.
  3. Hindari konsumsi makanan yang kaya purin, seperti daging merah, jeroan, dan produk olahan daging. Batasi konsumsi alkohol dan minuman manis yang mengandung fruktosa.
  4. Konsumsilah makanan yang rendah purin, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Minum banyak air untuk membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.
  5. Hindari aktivitas yang berat pada persendian yang terkena asam urat, seperti berlari atau melompat.
  6. Gunakan kompres dingin atau hangat pada persendian yang terkena asam urat untuk meredakan peradangan.

Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi kamu. Dokter dapat memberikan obat-obatan atau saran lain yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Kamu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya