Mitos! Makan Toge Tak Ada Hubungan dengan Kesuburan, Ini Manfaat Sebenarnya

Ilustrasi kecambah.
Sumber :
  • U-Report

JAKARTA – Melecut kesuburan menjadi satu hal yang kerap didambakan pasangan suami istri agar menjaga keharmonisan rumah tangga, terutama bagi yang menginginkan keturunan. Tak heran, berbagai cara dilakukan untuk membantu menjaga kesuburan pasangan, termasuk dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti toge.

Gampang Kenyang Padahal Baru Makan Sedikit Ternyata Bukan Kondisi Normal, Ini Sebabnya

Spesialis Gizi Klinik, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, menjelaskan bahwa toge kerap dianggap sebagai makanan yang membantu kesuburan laki-laki dan perempuan. Namun ternyata, dokter Juwalita menyebut bahwa belum ada bukti penelitian terkait konsumsi toge dan kesuburan.

Toge

Photo :
  • 270342
Awas! Bukan Cuma Perih, Minum Obat Ini Bisa Sebabkan Maag hingga Pendarahan di Lambung

"Meski ada kandungan fitoestrogen, itu seperti hormon estrogen untuk saluran reproduksi wanita, namun belum ada penelitiannya terkait konsumsi toge bisa tingkatkan kesuburan," tuturnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Rabu 7 Juni 2023.

Di sisi lain, konsumsi toge dalam jumlah tepat dapat memangkas berat badan berlebihan. Dibanding nasi, 100 gram toge hanya mengandung 35 kalori sehingga membantu kenyang lebih lama tanpa menimbun kalori berlebihan.

Resep Ramuan Herbal untuk Redakan Demam, Cuma Pakai 3 Bahan

"Seratus gram toge mengandung 35 kalori. Sedangkan 100 gram nasi mengandung 75 kalori. Coba kurangi porsi nasi dan ganti dengan komposisi sayuran lebih banyak sehingga komposisi kalori bisa diganti," tambahnya.

Dokter Juwalita juga menepis anggapan bahwa toge dapat memicu bahaya asam urat yang membuatnya dihindari masyarakat. Meski mengandung purin, sebenarnya kadarnya di dalam toge sendiri hanya sedikit sehingga aman dikonsumsi.

"Meski toge mengandung purin yang pemicu asam urat tapi kadarnya sangat rendah. Apabila disebut asam urat jika 200mg purin per 100 gram makanan. Di dalam toge hanya 41 mg purin dalam 100 gram toge," imbuhnya.

Toge sendiri juga tinggi kadar vitamin C dan mineral lainnya sehingga cukup baik untuk kebutuhan tubuh. Maka dari itu, toge patut dikonsumsi namun tentu harus dalam kondisi segar. Nah, berikut trik menjaga kesegaran toge agar tetap mendapat manfaat baiknya saat dikonsumsi.

"Simpan dalam wadah bersih dan tertitip untuk hindari pembusukan cepat. Jangan masak toge terlalu lama karena vitamin akan menurun. Konsumsi toge dalam jumlah 100 gram atau kira-kira 1 mangkuk kecil dan kombinasikan dengan sayuran lain," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya