Olahraga Kardio Bisa Jadi Senjata Ampuh Lawan 9 Kanker Mematikan

ilustrasi Jogging
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Olahraga yang menargetkan kardiovaskuler terbukti efektif memangkas risiko terhadap risiko sembilan jenis kanker. Hal itu diungkapkan dari penelitian baru yang diterbitkan hari ini di British Journal of Sports Medicine.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Dalam studi jangka panjang mereka, para peneliti melaporkan bahwa memiliki kesehatan pembuluh darah yang baik di masa muda dapat mengurangi risiko terkena kanker sebesar 40 persen di kemudian hari, setidaknya bagi pria. Kaitannya dengan penurunan risiko ditemukan pada kanker kepala dan leher, lambung, saluran makanan (esofagus), paru-paru, hati, pankreas, ginjal, dan usus.

Lantas, olahraga seperti apa yang efektif menurunkan risiko kanker?

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Laman Medical News Today mencatat, Para peneliti mendefinisikan olahraga jenis kardiorespirasi sebagai kemampuan seseorang untuk melakukan latihan aerobik, seperti berlari, bersepeda, dan berenang dalam waktu lama, atau bahkan menaiki tangga.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Dalam penelitian sebelumnya, olahraga telah dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah, namun hanya sedikit penelitian besar dan jangka panjang terhadap berbagai jenis kanker yang telah dilakukan.

Detail dari studi kanker dan olahraga

Ilustrasi olahraga/push up.

Photo :
  • Pexels/Monstera

Para peneliti menggunakan data terkait pendaftaran Swedia hingga akhir tahun 2019 yang mencakup informasi latar belakang, diagnosis medis, dan kematian lebih dari 1 juta wajib militer yang memulai dinas militer mereka antara tahun 1968 dan 2005. Subyek rutin melaporkan ketika mereka berusia antara 16 hingga 25 tahun. 

Mereka menjalani serangkaian penilaian standar, termasuk tinggi badan, berat badan, tekanan darah, kekuatan otot, dan kebugaran kardiorespirasi. Peneliti mengamati 365.874 wajib militer dengan tingkat olahraga jenis kardiorespirasi rendah, serta 519.652 dengan tingkat sedang dan 340.952 dengan tingkat tinggi. 

Para wajib militer yang dianggap memiliki kebugaran kardiorespirasi yang lebih rendah cenderung mengalami obesitas, lebih cenderung mengalami penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang, dan memiliki orang tua dengan tingkat pendidikan yang lebih rendah dibandingkan wajib militer dengan tingkat kebugaran yang lebih tinggi, para peneliti melaporkan.

Para peneliti menghubungkan olahraga jenis kardiorespirasi dengan risiko kanker

Ilustrasi sel kanker.

Photo :
  • Freepik

Dalam analisis akhir terhadap 1.078.000 pria, para peneliti melaporkan bahwa 84.117 (7%) kemudian mengembangkan kanker di setidaknya satu bagian tubuh mereka selama periode pemantauan rata-rata selama 33 tahun.

Dibandingkan dengan pria yang memiliki tingkat olahraga lebih rendah saat wajib militer, pria dengan olahraga jenis kardiorespirasi lebih tinggi secara linear dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena jenis kanker tertentu.

Kebugaran kardiorespirasi yang lebih baik dikaitkan dengan:

Risiko 5% lebih rendah terkena kanker rektum

Risiko 12% lebih rendah terkena kanker pankreas

Risiko 18% lebih rendah terkena kanker usus

Risiko 19% lebih rendah terkena kanker kepala dan leher

Risiko 20% lebih rendah terkena kanker ginjal

21% lebih rendah risiko kanker perut

Risiko 39% lebih rendah terkena kanker pipa makanan

Risiko kanker hati 40% lebih rendah

42% lebih rendah risiko kanker paru-paru

Para peneliti juga menemukan kebugaran kardiorespirasi yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat sebesar 7 persen, peningkatan risiko kanker kulit sebesar 31%.

Hubungan olahraga dan menurunkan risiko kanker

Ilustrasi olahraga.

Photo :
  • Pixabay

Para peneliti mengatakan bahwa temuan mereka tercermin dalam pedoman American Society of Clinical Oncology tentang olahraga selama pengobatan kanker. Anton Bilchik adalah ahli onkologi bedah, kepala kedokteran, dan direktur Program Gastrointestinal dan Hepatobilier di Institut Kanker Saint John di Pusat Kesehatan Providence Saint John di California.

Bilchik mengatakan kepada Medical News Today bahwa hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa mencegah kanker bisa berarti memiliki tubuh yang lebih sehat dan, khususnya, bagaimana olahraga kardiovaskular dapat membantu melawan kanker.

“Olahraga kardiovaskular menginduksi respon anti-inflamasi yang telah terbukti merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular dan kanker,” kata Bilchik. “Ada banyak faktor yang terkait dengan pengurangan kanker selain olahraga termasuk pola makan, gaya hidup, penggunaan alkohol, merokok, dan riwayat keluarga. Konsumsi makanan olahan dan daging merah secara teratur lebih sering dikaitkan dengan keganasan kolorektal, sedangkan merokok lebih sering dikaitkan dengan kanker paru-paru.”

Dr Melinda Irwin, salah satu pemimpin Program Penelitian Pencegahan dan Pengendalian Kanker di Yale Cancer Center di Connecticut, mengatakan kepada Medical News Today bahwa manfaat olahraga bukan pada berat badan. Melainkan, manfaat nyata antara fungsi metabolisme, sistem kekebalan tubuh, serta risiko kanker.

“CRF (olahraga kardiorespirasi) memiliki manfaat langsung untuk pencegahan kanker, misalnya meningkatkan fungsi metabolisme, inflamasi, dan kekebalan tubuh yang kemungkinan memediasi hubungan antara CRF dan risiko kanker,” kata Irwin. “Studi ini menemukan bahwa CRF yang lebih tinggi, meski secara statistik mengontrol BMI, dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya