Jahe Bikin Libido Meningkat, Buat Pasangan Lebih Garang di Ranjang

Ilustrasi seks/bercinta.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

JAKARTA – Jahe merupakan salah satu tanaman yang terkenal dengan banyak khasiat di dalamnya bagi kesehatan. Jahe sering kali dijadikan obat herbal alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Rempah-rempah yang satu ini juga sudah lama dipakai sebagai stimulan alami dalam berbagai bentuk pengobatan tradisional untuk meningkatkan gairah seks dan libido secara alami.

Melansir Healthline, faktanya, Madame du Barry, nyonya terkenal Raja Louis XV, sering menyajikan jahe kepada kekasihnya untuk membantu mengatur suasana hati, berkat efek afrodisiaknya. Berikut ini adalah manfaat jahe yang bekerja untuk meningkatkan gairah seksual.

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Ilustrasi bercinta.

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

Meningkatkan aliran darah

Ustaz Khalid Basalamah Ungkap Posisi Istri Usai Berhubungan Seks Agar Cepat Mendapatkan Keturunan

Meskipun penelitian mengenai efek jahe terhadap gairah seks secara langsung masih terbatas, penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu meningkatkan gairah seksual dan libido. Satu tinjauan terhadap 6 penelitian juga menyimpulkan bahwa suplementasi jahe mengurangi tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik.

Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut, tetapi disimpulkan bahwa jahe bisa sangat bermanfaat bagi libido, karena penelitian menemukan bahwa peningkatan tekanan darah dikaitkan dengan risiko disfungsi seksual yang lebih tinggi baik pada pria maupun wanita. Penelitian lain menunjukkan bahwa jahe juga dapat mencegah penggumpalan darah dan membantu melebarkan pembuluh darah untuk mendukung aliran darah yang lebih baik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan gairah.

Mengurangi stres oksidatif

Stres oksidatif adalah suatu kondisi yang ditandai dengan ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh seseorang, yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel. Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres oksidatif bahkan dapat berdampak negatif pada kesuburan dan fungsi seksual.

Jahe telah dipelajari dengan baik karena kemampuannya meredakan peradangan dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh manusia. Penelitian pada tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan perubahan terkait usia lainnya pada sel dan jaringan bila dikombinasikan dengan bahan lain, yang dapat membantu mengobati disfungsi ereksi.

Ilustrasi pria telanjang

Photo :
  • Pixabay

Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui bagaimana sifat anti-inflamasi jahe secara spesifik dapat mempengaruhi gairah seks pada manusia.

Dapat meningkatkan kesuburan

Menariknya, beberapa penelitian menemukan bahwa jahe dapat meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Menurut sebuah ulasan, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa jahe dapat meningkatkan produksi testosteron dengan meningkatkan aliran darah, mengurangi stres oksidatif, dan meningkatkan kadar hormon luteinizing, yang terlibat dalam sintesis testosteron.

Jahe juga dapat meningkatkan kualitas sperma dengan meningkatkan konsentrasi, motilitas, dan kelangsungan hidup sel sperma. Penelitian pada hewan juga menemukan bahwa jahe dapat bermanfaat bagi kesuburan wanita dengan meningkatkan proses folikulogenesis, yaitu pematangan folikel ovarium.

Selain itu, sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa pemberian ekstrak jahe dosis tinggi menyeimbangkan kadar hormon pada tikus dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS), suatu kondisi yang dapat berdampak negatif pada kesuburan wanita.

Penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk memahami apakah jahe dapat mempengaruhi kesuburan dan kesehatan reproduksi manusia bila digunakan sebagai ramuan atau suplemen.

Kesimpulannya, untuk meningkatkan gairah seks maka mengonsumsi jahe bisa jadi salah satu alternatifnya. Tambahkan jahe ke dalam campuran makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa penelitian pada manusia masih sangat terbatas, dan penelitian pada tabung reaksi dan hewan sering kali menggunakan ekstrak jahe dengan konsentrasi tinggi. Oleh karena itu, masih diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek langsung jahe terhadap gairah seks pada manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya