Bocah Meninggal Gegara Mati Batang Otak Usai Operasi, Amandel Bisakah Dicegah?

ilustrasi otak manusia.
Sumber :
  • Pixabay

BEKASI – Seorang anak di Bekasi berinisial A yang baru berusia 7 tahun meninggal dunia usai dilakukan operasi amandel. Bocah A meninggal dunia setelah didiagnosa mati batang otak hingga kejadian ini menjadi perhatian masyarakat luas.

Selebgram Bro Jabro Meninggal Dunia

Pihak keluarga melalui pengacara menyebut bahwa ada dugaan malpraktik dari rumah sakit atas tindakan operasi amandel terhadap A. Sebab, diagnosis yang diberikan membuat keluarga bingung lantaran korban A meninggal dunia akibat mati batang otak setelah amandelnya yang membengkak dioperasi. Namun sebenarnya, bisakah amandel bengkak dicegah? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya.

Pada dasarnya, amandel adalah dua kelenjar kecil yang terletak di kedua sisi tenggorokan. Pada anak kecil, amandel bertujuan membantu melawan kuman dan bertindak sebagai penghalang terhadap infeksi.

Parto Patrio Jalani Operasi Kedua, Istri Banyak Berdoa

Ketika amandel terinfeksi, amandel mengisolasi infeksi dan menghentikan penyebarannya lebih jauh ke dalam tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh anak berkembang dan semakin kuat, amandel menjadi kurang penting dan biasanya mengecil. Pada kebanyakan orang, tubuh mampu melawan infeksi tanpa amandel.

Adipati Dolken Berencana Gak Sekolahkan Anak, Netizen Setuju: Gak Kepake Juga Ilmunya

Tonsilitis adalah peradangan pada amandel. Biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau, yang lebih jarang, infeksi bakteri. Tonsilitis adalah kondisi umum pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda.

Gejala radang amandel meliputi sakit tenggorokan dan nyeri saat menelan, sakit telinga, suhu tinggi (demam) lebih dari 38C, batuk, dan sakit kepala. Gejala biasanya hilang dalam tiga sampai empat hari.

Penyebab dan Pencegahan Amandel

Kebanyakan kasus radang amandel disebabkan oleh infeksi virus, seperti virus penyebab flu biasa atau virus flu (influenza). Beberapa kasus juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya jenis bakteri yang disebut bakteri streptokokus grup A.

Jenis infeksi ini mudah menyebar, jadi penting untuk mencoba menghindari penularan ke orang lain dengan menjauhi tempat-tempat umum, seperti tempat kerja, sekolah, atau taman kanak-kanak, sampai dokter Anda menyatakan aman untuk kembali, biasanya setelah gejalanya hilang.

Selain itu, saat batuk dan bersin ke tisu dan membuang tisu tersebut. Rajin mencuci tangan sebelum makan, setelah ke toilet, dan bila memungkinkan setelah batuk dan bersin.

Ilustrasi lidah.

Photo :
  • Pixabay/1045373

Dalam kebanyakan kasus, tonsilitis membaik dalam waktu seminggu. Namun, sejumlah kecil anak-anak dan orang dewasa menderita radang amandel dalam jangka waktu yang lebih lama, atau terus kambuh lagi. Ini dikenal sebagai tonsilitis kronis dan mungkin memerlukan perawatan bedah.

Radang amandel tidak selalu dioperasi

Pembedahan untuk mengangkat amandel (tonsilektomi) biasanya hanya dianjurkan jika pernah mengalami beberapa episode tonsilitis parah dalam jangka waktu yang lama episode berulang mengganggu aktivitas normal.

Komplikasi tonsilitis

Komplikasi radang amandel jarang terjadi dan biasanya hanya terjadi jika disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya hal ini disebabkan oleh penyebaran infeksi ke bagian tubuh lain.

Kemungkinan komplikasi tonsilitis meliputi infeksi telinga tengah (otitis media), di mana cairan antara gendang telinga dan telinga bagian dalam terinfeksi oleh bakteri.

Lalu, quinsy (abses peritonsil), abses (kumpulan nanah) yang berkembang di antara salah satu amandel dan dinding tenggorokan. Kemudian, apnea tidur obstruktif (OSA) – di mana dinding tenggorokan menjadi rileks saat tidur, yang menyebabkan kesulitan bernapas dan kurang tidur. 

Komplikasi lain dari tonsilitis sangat jarang terjadi dan biasanya hanya terjadi jika infeksi bakteri yang mendasarinya tidak diobati. Seperti demam berdarah, suatu kondisi yang menyebabkan ruam kulit berwarna merah jambu-merah yang khas.

Lalu, demam rematik di mana penyakit ini menyebabkan peradangan yang meluas ke seluruh tubuh, menyebabkan gejala seperti nyeri sendi, ruam, dan gerakan tubuh tersentak-sentak. Serta, glomerulonefritis yaitu infeksi (pembengkakan) pada filter di ginjal yang dapat menyebabkan muntah dan kehilangan nafsu makan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya