Waspadai 8 Tanda Keracunan Sianida, Bisa Berujung Fatal!

Ilustrasi racun sianida.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta – Dokumenter yang dirilis Netflix berjudul Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso, kembali menjadi sorotan publik. Dokumenter ini menceritakan tentang kasus Wayan Mirna Salim yang meninggal usai meminum kopi Vietnam mengandung sianida.

Ngeri! Uang Koin Logam Nyangkut Di Dalam Pita Suara Seorang Remaja

Sianida merupakan senyawa kimia yang sangat beracun dan dapat menyebabkan efek yang sangat serius pada tubuh manusia.

Ilustrasi keracunan.

Photo :
  • Pixabay

Keracunan sianida dapat terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan, sehingga penting untuk mengenali tanda-tanda keracunan sianida agar dapat segera mencari pertolongan medis. Berikut VIVA bagikan tanda-tanda keracunan sianida yang dilansir dari Mayo Clinic, salah satu lembaga medis terkemuka di dunia, sebagai berikut:

Apa Itu Sianida?

Sianida adalah senyawa kimia yang dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, termasuk sianida hidrogen (HCN), sianida karbon (CN2), dan sebagainya. Sianida sangat beracun dan bisa meracuni tubuh manusia melalui inhalasi, kontak kulit, atau konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Tanda-Tanda Keracunan Sianida Menurut Mayo Clinic:

  1. Napas Cepat dan Dalam: Sianida dapat memengaruhi sistem pernapasan. Jika seseorang terpapar sianida, mereka mungkin mengalami sesak napas dan mulut terasa seperti terbakar.

  2. Pusing dan Kepala Ringan: Sianida dapat menyebabkan penurunan aliran oksigen ke otak, yang dapat mengakibatkan pusing, kepala ringan, atau bahkan kehilangan kesadaran.
  3. Pusing: Pusing adalah gejala umum keracunan sianida. Ini bisa disertai dengan mual dan muntah.
  4. Detak Jantung Cepat: Sianida dapat meningkatkan detak jantung, sehingga seseorang mungkin mengalami denyut jantung yang cepat dan tidak teratur.
  5. Kulit Pucat atau Kemerahan: Kulit yang menjadi pucat atau kemerahan adalah tanda lain keracunan sianida. Ini bisa disertai dengan keringat berlebihan.
  6. Kejang: Keracunan sianida dapat menyebabkan kejang yang parah.
  7. Kesulitan Berbicara atau Menelan: Orang yang terpapar sianida mungkin mengalami kesulitan berbicara atau menelan.
  8. Kehilangan Kesadaran: Pada kasus yang parah, keracunan sianida bisa menyebabkan kehilangan kesadaran atau koma.
Pemuda di Karawang Alami Gangguan Jiwa Diduga Usai Belajar Ilmu Tasawuf

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Mencurigai Keracunan Sianida?

Sidang kasus pembunuhan dengan kopi bersianida di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Photo :
  • ANTARA / Akbar Nugroho Gumay

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mencurigai keracunan sianida, segera ambil langkah-langkah berikut:

  1. Hubungi Layanan Darurat: Segera panggil bantuan medis darurat.
  2. Jangan Tunda: Waktu sangat penting dalam kasus keracunan sianida. Segera mencari perawatan medis adalah langkah yang kritis.
  3. Keluar dari Area Terpapar: Jika mungkin, hindari lebih banyak paparan sianida dengan meninggalkan area yang terkontaminasi.
  4. Jangan Menunggu Gejala Muncul: Bahkan jika tidak ada gejala yang terlihat, pergilah ke fasilitas medis jika Anda mencurigai paparan sianida.
Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

Mayo Clinic menekankan pentingnya kesadaran tentang tanda-tanda keracunan sianida dan respons cepat dalam situasi yang mencurigakan. Keracunan sianida adalah kondisi medis darurat yang membutuhkan perawatan segera, dan mengetahui tanda-tanda keracunan dapat menjadi faktor penentu keselamatan Anda atau orang lain.

Ilustrasi Perawatan Kesehatan

Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia

Salah satu faktor utama yang mendorong masyarakat Indonesia untuk mencari pengobatan di luar negeri adalah kekurangan infrastruktur kesehatan yang memadai.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024