Sering Alami Masalah Kulit Ini, Bisa Jadi Pertanda Penyakit Mematikan

Ilustrasi wanita/kulit wajah.
Sumber :
  • Freepik/freepik

JAKARTA – Beberapa dari kita sering mengalami sejumlah masalah pada kulit. Mulai dari masalah kulit kering atau bahkan breakout. Ketika masalah kulit tersebut muncul kita tentu langsung membeli sejumlah produk perawatan untuk mengatasinya.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Ada beberapa dari masalah tersebut yang kemudian selesai. Tetapi ada juga yang malah berkelanjutan. Jika hal terebut terjadi kita harus berhati-hati. Sebab, bisa jadi masalah kulit tersebut mengindikasikan masalah kesehatan yang serius dalam tubuh kita. 

Apa saja? Spesialis kulit di SkincarebyDrV, Dr Vanita Rattan, dan ahli kimia dan Pendiri SOS Serum Skincare, Bruce Green, angkat bicara bahwa ada beberapa masalah kesehatan serius yang bisa terlihat dari perubahan kulit seperti melansir laman The Sun. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

1.Kulit kering bisa jadi tanda diabetes

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Ilustrasi diabetes

Photo :
  • Pixabay/ tumisu

Jika Anda mengalami kulit kering, itu bisa menjadi tanda diabetes, menurut Bruce. Ia menjelaskan bahwa diabetes sering menyerang kulit karena kadar gula darah yang tinggi. Jika kulit Anda lebih kering dari biasanya dan Anda menderita diabetes, hal ini mungkin berkontribusi terhadap efek ini pada kulit Anda.

Selain kulit kering, Bruce mengatakan penderita diabetes juga mungkin menderita kondisi lain, seperti:

-Dermopati diabetik yakni bercak merah atau coklat pada kulit yang cenderung tidak berbahaya

-necrobiosis lipoidica diabetesorum, suatu kondisi kulit langka di mana lesi berkembang di bagian bawah kaki

-lepuh diabetes, lepuh yang tiba-tiba muncul di kulit tangan, kaki, tungkai dan lengan bawah, menyerupai luka bakar serius

-Xanthomatosis erupsi, benjolan berwarna kuning, merah muda, coklat atau kulit yang mungkin terasa gatal atau nyeri

“Diabetes dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan rasa gatal dan akibatnya, Anda lebih mudah terluka, lebih mungkin terkena infeksi, dan luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh,” kata Bruce.

Dia menyarankan Anda mengawasi bintik-bintik kering atau merah pada kulit Anda dan berbicara dengan ahli kesehatan tentang kulit kering yang persisten.

“Jika masalah kulit Anda semakin parah seiring berjalannya waktu, segera temui dokter,” kata ahli kimia tersebut.

2.Kulit yang rusak bisa jadi tanda stres yang

Ilustrasi sakit kepala, putus asa, depresi, pusing, stres.

Photo :
  • Pixabay/ lukasbieri

Jika Anda memiliki skin barrier yang sehat, itu berarti Anda memiliki lapisan pelindung lipid ceramide, kolesterol, dan asam lemak yang melindungi kulit Anda dari zat iritasi, alergen, dan infeksi bakteri, kata Dr Vanita. Skin barrier juga mengunci kelembapan untuk memberi Anda kulit yang kenyal dan awet muda.

Namun dia memperingatkan bahwa stres dapat mengganggu produksi dan keseimbangan lipid yang menghidrasi kulit, sehingga mengganggu lapisan skin barrier kita. Hormon stres kata dia seperti kortisol juga dapat dilepaskan pada saat yang bersamaan, yang dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kelenjar sebaceous kulit dan mengakibatkan munculnya jerawat.

Vanita memperingatkan bahwa ketika stres mengaktifkan respons peradangan tubuh, hal ini dapat merusak komponen struktural kulit, termasuk kolagen dan elastin, membuatnya lebih rentan terhadap kekeringan dan penuaan dini juga. Dia juga mengungkap stres dapat memperburuk kondisi kulit apa pun, khususnya bagi mereka yang menderita eksim atau psoriasis.

“Ketika skin barrier terganggu, Anda mungkin merasakan peningkatan kekeringan, sensitivitas, peradangan, dan peningkatan kerentanan terhadap infeksi,” kata dia.

Hal ini dapat menyebabkan kulit Anda terasa perih dan terbakar saat menggunakan produk perawatan kulit, kata dokter kulit. Anda harus menghindari penggunaan produk yang keras seperti sabun alkali dan scrub, karena dapat menghilangkan kelembapan dan menyebabkan robekan mikro pada kulit Anda, lanjutnya. Selain itu, produk apa pun yang mengandung pewangi bisa membuat kulit Anda lebih sensitif.

“Fokus pada pencegahan dan perbaikan dengan menerapkan minimal SPF50+ untuk melindungi kulit dari faktor alami, seperti radiasi UV matahari yang berbahaya,” saran Dr Vanita.

Namun dia memperingatkan bahwa pelembab biasa terkadang tidak efektif jika pelindung kulit Anda rusak. Dalam hal ini, dokter kulit mengatakan Anda perlu menggunakan produk berlemak untuk mengembalikan perlindungan pada wajah Anda, dan merekomendasikan produk lemak Calm Balm untuk mengisi kembali lemak yang hilang.

3.Keringat berlebihan bisa jadi tanda tiroid

Ilustrasi berkeringat.

Photo :
  • Pixabay

Jika Anda berkeringat berlebihan meski cuaca tidak panas atau Anda belum berolahraga, Vanita mengatakan ini bisa menjadi tanda tiroid yang terlalu aktif.

“Kondisi ini mempercepat metabolisme dan dapat menyebabkan kepekaan terhadap panas dan rasa gugup pada mereka yang khawatir dengan bau badannya,” jelasnya.

Meskipun antiperspiran yang lebih kuat dan menghindari pakaian ketat mungkin bisa membantu, Vanita menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter jika masalah terus berlanjut sehingga mereka dapat merujuk Anda ke pengobatan yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya