Sederet Makanan Pemicu Keguguran, Hati-hati Jangan Salah Konsumsi

Ilustrasi keguguran.
Sumber :
  • www.vemale.com

VIVA Lifestyle – Penting bagi ibu hamil mengetahui apa saja pemicu yang bisa menyebabkan seseorang alami keguguran. Melansir BMC Medical Education, keguguran sendiri adalah komplikasi umum yang kerap terjadi di awal kehamilan.

Kylie Jenner Bantah Rumor Kehamilannya, Ungkap Hubungan Asmara Jarak Jauh dengan Timothee Chalamet

Jadi, pada masa-masa ini Anda perlu menjaga kesehatan dengan baik. Selain faktor gaya hidup, ternyata apa yang kita konsumsi juga bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan tidak berkembang hingga akhirnya menyebabkan keguguran.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Sebenarnya, tidak ada satu makanan pun yang secara pasti dapat menyebabkan keguguran. Namun, ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan risiko keguguran, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Risiko keguguran bisa semakin tinggi jika konsumsi makanan tertentu terlebih kita terlalu berlebihan menyantapnya.  Seperti berikut ini dilansir dari berbagai sumber, termasuk salah satunya dari akun Instagram @bumbee_collection inilah sederet makanan pemicu keguguran yang wajib ibu hamil ketahui.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Telur rebus setengah matang.

Photo :
  • Pixabay/Myriams-Fotos

Telur Setengah Matang

Perlu diketahui, telur setengah matang mengandung bakteri samonela apabila telur tidak matang sehingga dapat memicu keguguran.

Daging Mentah atau Setengah Matang

Tidak disarankan untuk mengonsumsi daging jenis ini karena terkadang jenis makanan ini mengandung bakteri yang bisa menyebabkan seseorang alami keguguran. Daging mentah atau setengah matang karena mengandung parasit penyebab toxoplasmosis.

Selain itu, jenis makanan ini juga menjadi sarang bakteri Escherichia coli. Keduanya dapat memicu infeksi yang berujung pada keguguran. 

Susu yang Tidak Pasteurisasi

Tidak boleh dikonsumsi ibu hamil karena susu ini masih mengandung bakter-bakteri yang dapat membahayakan janin yang sedang dikandung.

Biji wijen

Photo :
  • Tasting Table

Biji Wijen

Di awal kehamilan sebaiknya diminimalisir konsumsi biji wijen karena jika dicampurkan dengan madu ternyata dapat memicu terjadinya keguguran.

Hati Hewan

Bahaya apabila dari hati hewan yang sakit dan dimasak kurang matang, sehingga mengandung bakteri campylobacter dan salmonella

Buah Pepaya

Pepaya mudah ternyata patut untuk kita hindari karena dapat memiicu terjadinya kontraksi lebih dini.

Daun sirih

Selanjutnya, ada daun sirih salah satu makanan pemicu yang bisa sebabkan keguguran. Ini patut diwaspadai ibu hamil. Daun daunan yang bisa menggugurkan kandungan lainnya adalah daun sirih. Sebenarnya, daun ini berguna untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil.  Efektifitas bisa dirasakan saat daun dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. 

Jika ibu hamil mengonsumsi daun sirih secara berlebihan, ini bisa menyebabkan ibu hamil kekurangan asam folat. Pada akhirnya, ibu hamil bisa mengalami kelainan bawaan dan kelainan perkembangan janin dalam kandungan. 

Keju

Mengutip Pregnancy Birth Baby, ternyata keju masuk ke dalam makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama.  Ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi keju lunak mungkin mengandung listeria yang merupakan bakteri yang dapat membahayakan ibu dan bayi. 

Jika beberapa makanan yang disebutkan di atas tidak sengaja Anda konsumsi saat hamil, disarankan untuk segera buat janji rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Ini bertujuan untuk meminimalisir risiko keguguran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya