Bukan Cuma Rezeki Dipatok Ayam, Zaidul Akbar Ungkap Dampak Buruk Tidur di Pagi Hari

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan layar

JAKARTA – Dalam dunia kesehatan, waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa dianjurkan selama 7-8 jam setiap hari. Biasanya, setelah beraktivitas seharian, tubuh akan merasa lelah sehingga butuh waktu istirahat untuk mengembalikan fungsi tubuh dan otak agar bisa bekerja secara maksimal lagi keesokan harinya.

Zaidul Akbar Bocorkan Resep Kaldu Ajaib dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Namun, tidur yang kualitasnya kurang baik di malam hari membuat banyak orang jadi terbiasa melanjutkan tidur di pagi hari terutama setelah waktu subuh yakni sekitar pukul 5-6 pagi. Ternyata, tidur setelah subuh sangat tidak dianjurkan baik secara kesehatan maupun dalam ajaran Islam. Selain dipercaya dapat menghambat rezeki, tidur setelah subuh membawa dampak besar yang membahayakan bagi kesehatan. Scroll lebih lanjut ya.

Zaidul Akbar menegaskan, tidur setelah subuh harus dihindari dan jangan sampai menjadi kebiasaan.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi Tidur

Photo :
  • Unsplash

"Ba'da subuh jangan tidur," kata dr. Zaidul Akbar, mengutip video YouTube Usep Berbagi, Rabu 3 Januari 2024.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

dr. Zaidul Akbar menyebut ada kaitannya antara kondisi udara ba'da subuh yang kurang baik bagi kesehatan dengan kesehatan jantung. Apabila memang terpaksa untuk tidur karena kantuk yang tidak tertahankan, dr. Zaidul Akbar menyarankan agar tidur dalam keadaan duduk dan berdzikir alih-alih berbaring.

"Kalau pengen tidur, usahakan jangan berbaring, tidurlah dalam kondisi berdzikir. Sebab banyak terjadi serangan jantung atau kelemahan jantung itu di pagi hari, jadi pagi jangan tidur," jelasnya.

Kebiasaan tidur di pagi hari rupanya tidak hanya buruk bagi kesehatan jantung tetapi juga berdampak pada kecerdasan otak. Menurutnya, kecerdasan seseorang bisa terus menurun seiring dengan semakin seringnya kebiasaan tidur setelah subuh.

Apabila ditelaah lebih jauh, penurunan fungsi otak ini ada kaitannya juga dengan masalah jantung. Ketika jantung kondisinya semakin lemah dan tidak bisa memberikan suplai darah yang cukup ke otak, maka fungsi otak akan terganggu hingga menurunkan kecerdasan.

Seperti halnya kepercayaan bahwa tidur di pagi hari akan menyebabkan rezeki dipatok ayam, dr. Zaidul Akbar juga mengatakan bahwa Allah SWT akan mengurangi rezeki orang yang suka tidur di pagi hari.

"Tidur yang bikin bodoh itu ba'da subuh, selain bodoh, rezeki dikurangi sama Allah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya