5 Makanan Berserat Tinggi untuk Turunkan Berat Badan, Selain Sehat Bisa Langsing Alami

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA Lifestyle – Mengelola berat badan bukan hanya tentang olahraga, tetapi juga sangat bergantung pada pola makan dan gaya hidup. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa jumlah wanita berusia di atas 20 tahun yang mengalami obesitas meningkat menjadi 44 juta, dan pria menjadi 26 juta. Dari data tersebut, menjaga berat badan tetap ideal sangat penting untuk mencegah obesitas. 

Mengenal 8 Jenis Suplemen Beserta Fungsinya, Jangan Sampai Salah Pilih Ya!

Makanan kaya serat dapat membantu Anda menjaga kesehatan dalam banyak hal, termasuk menstabilkan kadar gula darah hingga meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu mengelola berat badan. Berikut beberapa makanan berserat tinggi yang dapat membantu menurunkan berat badan, dilansir The HealthSite, Rabu 15 Mei 2024. Yuk, scroll.

Jambu biji
Jambu biji mengandung tinggi serat yang mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan menstabilkan kadar gula darah serta meningkatkan kesehatan pencernaan. Buah satu ini juga sangat rendah kalori.

7 Buah Kaya Vitamin B12, Libas Kolesterol Jahat Secara Alami

Jambu biji

Photo :
  • pixabay

Kacang lentil
Lentil mengandung serat yang tinggi, protein, dan juga mengandung mineral penting seperti potasium, zat besi dan magnesium. Dalam 100 gram lentil mentah mengandung 11 gram serat, sedangkan lentil merah muda memiliki serat lebih banyak untuk jumlah yang sama. Memasukkan lentil sebagai menu diet, tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga meningkatkan kadar protein dalam tubuh Anda. 

dr Zaidul Akbar: Ini Jenis Makanan yang Bikin Anak Punya Karakter Baik

Sayuran berdaun hijau
Sayuran hijau sangat penting untuk mendukung diet apapun dan membantu mengatur gula darah, berat badan, dan mendukung kesehatan secara keseluruhan. Memasukkan sayuran hijau ke dalam diet, dapat meningkatkan serat dalam tubuh yang mendukung penurunan berat badan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang hitam dan kacang polong meningkatkan kebutuhan nutrisi tubuh dan menyediakan protein dan serat, yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan. Memasukkan jenis kacang-kacangan ini untuk menu harian adalah ide yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan.

Wortel
Wortel kaya akan berbagai jenis nutrisi seperti vitamin A, C dan K, potasium, magnesium, serta kaya akan serat. Memasukkan wortel mentah ke dalam diet untuk salad atau menu sarapan, dapat meningkatkan asupan serat dan mendukung pencernaan yang sehat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya