Stres Salah Satu Penyebab Terbesar Timbulnya Kanker

Ilustrasi pria merasa tertekan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Kanker menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Setiap tahun jumlah penderita kanker terus bertambah. Gaya hidup yang buruk dan tuntutan kehidupan yang semakin tinggi membuat kanker menjadi lebih rentan diderita pada usia muda.

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Dokter Spesialis Anestesi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Prof. dr. Darto Satoto, SpAn(K) mengatakan, cara menghindari penyakit kanker adalah dengan mengindari hidup yang tidak sesuai dengan alam.

"Contohnya, seperti makanan sekarang yang banyak makanan junk food, atau makanan yang mengandung logam berat. Selain itu, hindari juga cara hidup yang salah misalnya merokok," ujar Prof. Darto, saat ditemui di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, Rabu 7 Desember 2016.

Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Di samping gaya hidup, kondisi lingkungan seperti polusi udara juga berperan penting sebagai biang keladi penyebab timbulnya kanker, serta pengelolaan stres yang tidak baik. Menurut Prof. Darto, stres adalah salah satu penyebab terbesar timbulnya penyakit kanker.

"Jangan terlalu stres, buat lebih santai saja. Jangan terlalu serius dalam menghadapi sesuatu," katanya.

Peduli Anak Kanker, Para Pelajar SMA Gelar Patterns of Hope

Pada sebagian besar orang, kanker bisa menimbulkan rasa nyeri yang sangat kuat. Selain karena terapi seperti kemoterapi, kondisi psikis seperti stres bisa memicu rasa nyeri yang tak tertahankan. Apalagi, jika telah terjadi metastasis atau penyebaran ke tulang belakang, sakit yang akan ditimbulkan akan sangat besar sekali. (asp)

Pose Wulan Guritno

Masih Oke di Usia 43 Tahun, Wulan Guritno: Aku Jaga Penampilan Bukan Karena Ingin Cantik

Meski sudah memasuki usia 43 tahun, Wulan Guritno masih memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Sang aktris mengaku dirinya sangat menjaga pola hidup dengan olahraga.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024