Kunyit, Bahan Alami Pengganti Suplemen Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi bumbu dapur atau kunyit.
Sumber :
  • Pixabay/Ajale

VIVA.co.id – Untuk menjaga daya tahan tubuh, biasanya banyak orang yang mengandalkan suplemen. Padahal, ada bahan-bahan alami yang dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan bakteri dan virus.

Usia 43 Tahun Ternyata Wulan Guritno Masih Alami Masalah Breakout

Hal itu dibenarkan oleh penemu dan direktur dari Arizona Center for Integrative Medicine dan seorang profesor klinik, Andrew Weil, MD, dikutip dari laman Prevention.

Menurut Dr. Weil, salah satu bahan alami yang berpotensi menjaga daya tahan tubuh adalah kunyit. Berfungsi sebagai anti inflamasi dan memiliki kekuatan anti oksidasi, kunyit mampu mencegah serangan kanker dan penyakit alzheimer, serta turut membantu perawatan pada artritis dan depresi.

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Dilanjutkannya, jika hanya ingin melakukan langkah pencegahan pada penyakit, kunyit bisa dimasukkan sebagai salah satu bahan makanan. Tambahkan juga sedikit lada hitam, agar penyerapannya bisa optimal.

Sedangkan suplemen, baik dikonsumsi pada kondisi tertentu, karena konsentrasinya yang cukup tinggi.

Suplemen Penurun Kolesterol Jepang Diduga Picu Gagal Ginjal, Sudah Beredarkah di Indonesia?

Untuk mengetahui manfaat kunyit secara lebih lanjut, Anda bisa memerhatikan produk kesehatan yang dibuat dengan bahan dasar kunyit, dalam produk tersebut biasanya tertera bahan kandungan aktif kunyit yang berfungsi sebagai daya tahan tubuh.

Bisa dilihat pada produk yang dibuat dari kunyit seluruhnya, di mana mampu membantu tubuh lebih baik dibandingkan suplemen yang terbuat dari kurkumin, bahan kandungan aktif pada kunyit.

Sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter, jika ingin konsumsi suplemen tertentu. Sebab, suplemen yang mengandung ekstrak lada hitam, dapat berinteraksi kurang baik dengan resep obat-obatan medis. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya