Menu Merdeka, Hidangan Serba Indonesia di Restoran Bergaya Prancis

Menu di Bistro Baron & Bar Plaza Indonesia
Sumber :
  • VIVA/ Rintan Puspitasari

VIVA – Pete dan masakan Indonesia seolah tak bisa dipisahkan, apalagi kalau sudah bicara makanan Sunda. Akan tetapi, jadi unik rasanya jika menikmati makanan khas Indonesia, lengkap dengan petenya di sebuah restoran bergaya Prancis yang romantis dan juga biasa menyajikan hidangan kuliner Prancis.

Icip Masakan Citarasa Nusantara di Restoran Konsep Desain Etnik

Jangan heran, karena hal tersebut benar-benar nyata terjadi dan memang dilakukan untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang hanya tinggal hitungan minggu. Restoran bergaya Prancis, Bistro Baron & Bar Plaza Indonesia meluncurkan tiga menu yang seakan mampu menggambarkan bagaimana masyarakat Indonesia tetap bersatu meski hidup dalam perbedaan.

Keragaman hidangan khas Indonesia, makin kaya dengan hadirnya pengaruh bangsa asing yang singgah ataupun menetap pada zamannya. Hal itu hidangan Indonesia tampak seperti sebuah peta perjalanan kuliner yang tak ada habisnya untuk dicoba dan dijelajahi.

Jokowi Ungkap Rencana Upacara HUT RI Tahun 2024 di IKN Nusantara

Seperti hadirnya tiga menu Merdeka yang akan tersedia selama bulan Agustus 2018. Dari Nasi Bakul Empal Lidah, Sop Buntut yang menggambarkan perbedaan namun dalam semangkuk sop buntut semua terasa lezat, hingga Lamb Shawarma yang diadaptasi dari kebudayaan Arab.

Menu di Bistro Baron & Bar Plaza Indonesia

Lomba Virtual di Rumah Berhadiah Keren dari Ecohome

Nasi Bakul Empal Lidah yang disajikan merupakan adaptasi dari hidangan klasik khas Sunda. Terdiri dari nasi yang dikukus dan dibungkus dengan daun pisang bersama pete dan ikan asin. Disajikan dengan cantik bersama udang, bakwan jagung, ikan asin, lidah sapi goreng, lalap, lengkap dengan lima jenis sambal, peyek dan kerupuk udang.

Hidangan berikutnya adalah kuliner yang terinspirasi dari makanan Arab, Lamb Shawarma. Dari baby lamb disajikan bersama nasi putih dan sambal pilihan, salah satunya yang wajib dicoba adalah sambal ibu, sambal yang menjadi ciri khas restoran ini, dimana kelezatannya membuat orang ingin menambahkannya lagi dan lagi ke dalam hidangan mereka.

Menu di Bistro Baron & Bar Plaza Indonesia

Dan hidangan terakhir adalah sop buntut. Siapa tak suka hidangan yang selalu bisa berhasil memenangkan hati masyarakat Indonesia. Sop buntut dipilih jadi salah satu hidangan dalam menu Merdeka karena dinilai bisa menjadi gambaran bagaimana perbedaan bisa menyatu, seperti semboyan bangsa Indonesia.

Sop buntut yang nikmat ini bahkan terasa seperti masakan penuh cinta dari seorang ibu untuk anaknya, kuah yang jernih dan kaya akan kaldu terasa hangat dengan bumbu-bumbu lokal di dalamnya seperti pala, cengkih, yang disajikan bersama dengan nasi, emping dan sambal.

"Untuk mendukung program Plaza Indonesia, dimana Plaza Indonesia mengajak para tenant mengeluarkan masakan Indonesia untuk mendukung hari Kemerdekaan Republik Indonesia, kami menghadirkan menu merdeka," kata Selvi Widjaja dari Bistro Baron & Bar, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu 25 Juli 2018.

Bistro Baron & Bar Plaza Indonesia

Tak hanya makanan, selama bulan Agustus, minuman tradisional Indonesia yaitu jamu juga akan hadir disini. Jamu Gendong 73, yang merupakan minuman khusus yang terdiri dari kayu manis, serai, jahe, cengkih, biji adas dan lemon.

Selain itu juga ada minuman lain yang terinspirasi dari jamu, Beras Kencur Martini. Jamu khas tradisional Indonesia ini disajikan usai dicampur secara khusus untuk menciptakan martini yang menarik.

Info Restoran:

Bistro Baron & Bar
Plaza Indonesia Level 1
Jakarta Pusat

Buka   :10.00-22.00

Harga  : Menu Merdeka mulai Rp 135.000 ++ hingga Rp 175.000 ++
Fasilitas: area merokok, bar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya