Bikin Laper! Bakso Urat Khas Tasikmalaya, Dimasak Pakai Arang dengan Bumbu Rempah

Mie Bakso Primadona Tasikmalaya
Sumber :
  • VIVA/Denden Ahdani (Tasikmalaya)

TASIKMALAYA – Selain dikenal dengan kota seribu pesantren, Kota Tasikmalaya juga dikenal dengan kota kuliner. Salah satu kuliner yang banyak ditemukan adalah mie bakso.

Rayakan Tahun Pertama, Restoran Ini Hadirkan 50 Menu Lezat khas Nusantara

Bahkan, saking banyaknya pedagang mie bakso, ada yang juga yang menyebut Kota Tasikmalaya sebagai kota seribu Bakso. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Salah satu mie bakso yang cukup fenomenal adalah Mie Bakso Primadona, yang berlokasi di Jalan Sutisna Senjaya, Nomor 74 Kota Tasikmalaya.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Selain dikenal dengan kelezatannya, Mie Bakso Primadona ini juga terbilang unik, karena bumbunya menggunakan bahan baku rempah-rempah alami.

Owner Mie Bakso Primadona, Dian Hamidah (35 tahun) mengatakan, selain bumbunya menggunakan rempah alami. Mie bakso yang dijualnya pun memakai saus dan sambalnya yang dibuat sendiri. Bahan bakunya memakai cabai segar yang dibeli setiap hari.

Lezatnya Martabak Asli Pecenongan 67 di Mall, Sajian Berkelas dan Bercita Rasa Premium

“Bumbunya dibuat sendiri pakai rempah - rempah. Selain itu saus sama sambalnya juga sama dibikin sendiri, jadi bukan saus kemasan. Bahannya, pakai cabai segar yang kita beli stiap hari,” kata Dian Hamidah, Senin 14 Agustus 2023.

Yang membuat beda dari mie bakso pada umumnya, di Mie Bakso Primadona ini juga kuahnya dimasak tidak menggunakan gas.

Namun, perapiannya memakai tungku yang bahan bakarnya menggunakan arang kayu dan arang batok kelapa. Tujuannya, agar kuahnya lebih wangi dan perapiannya lebih stabil.

“Kita gunakan arang untuk pengapiannya, bukan dari gas. Supaya, kuahnya lebih wangi dan perapiannya lebih stabil,” ucap Dian Hamidah.

Yang menjadi menu andalan di Mie Bakso Primadona ini adalah bakso urat. Pasalnya, bakso urat yang dijual di sini dibuat dengan full daging. Selain itu, mienya juga dibuat sendiri, bukan mie pabrikan yang dibeli dari orang lain.

“Di sini yang paling kami andalkan adalah salah satunya bakso urat. Karena, bakso urat kita dibuat dari full daging dan tepungnya cuman sedikit. Selain itu, mienya juga bikin sendiri home made,” pungkas Dian.

Salah seorang pengunjung, Silvi mengaku ia sudah lama menjadi pelanggan Mie Bakso Primadona.

Pasalnya, mie bakso di sini memiliki ciri khas tersendiri. Selain dimasak menggunakan arang kayu dan arang batok kelapa, bumbunya juga terbuat dari rempah-rempah.

“Punya ciri khas tersendiri ya. Karena, di sini dimasaknya bukan pakai gas, tapi pakai arang dan bumbu untuk kuahnya juga dari rempah-rempah,” kata Silvi.

Menurut Silvi, sajian bakso urat di Mie Bakso Primadona ini juga berbeda dari yang lain. Jika biasanya bakso urat itu keras saat dinikmati, tetapi bakso urat di sini renyah dan lezat.

“Rasanya enak, jadi kan biasanya kalau bakso urat lain terkadang ada yang alot atau keras. Tapi, kalau di sini enak dan renyah. Saya udah lama langganan, kebetulan dekat dengan kantor juga,” ujarnya.

Dari segi harga, anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup dengan Rp20 ribu hingga Rp30 ribu saja, anda bisa menikmati mie bakso unik dan lezat di Mie Bakso Primadona.

Laporan: Denden Ahdani (Tasikmalaya)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya