10 Makanan yang Cocok Dinikmati Bersama Soju Seperti di Drama Korea

Ilustrasi Sup Ayam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

JAKARTA – Soju menjadi salah satu minuman beralkohol populer dari Korea Selatan. Jika menyaksikan Korean drama kita sering menyaksikan adegan dimana pemain drama tersebut mengonsumsi Soju dalam berbagai kesempatan.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Ya, minum soju sendiri menjadi bagian keseharian masyarakat Korea Selatan. Umumnya mereka sudah berusia di atas 18 tahun atau memasuki usia perkuliahan menjadikan soju sebagai minuman khas ketika kumpul bersama teman atau kumpul bersama rekan usai pulang bekerja.

Tak hanya itu saja, jika menyaksikan drama korea mereka menikmati soju bersama dengan beer atau disebut Somek (Soju-Maekju) atau bersama dengan sejumlah makanan seperti ayam goreng atau makanan ringan seperti fried squid atau cumi-cumi kering. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Bahkan ada beberapa makanan berat lainnya yang sering dikonsumsi bersama dengan soju. Mengingat rasa soju yang clean, ringan, dan menyegarkan. Makanan berat atau makanan yang berbahan dasar minyak akan terasa sangat enak setelah mengonsumsi soju yang dianggap sebagai pembersih untuk langit-langit mulut Anda.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Ada sejumlah makanan yang sering dikombinasikan dengan konsumsi soju. Apa saja? Berikut ini rangkumannya. 

1. KorBeq alias Korean BBQ

 

Ilustrasi barbekyu/yakiniku.

Photo :
  • Pixabay/joannaisabellaabril

Daging BBQ Korea adalah no-brainer. Dengan asap arang dan tekstur daging yang berat, soju disebut dapat mencuci makanan seperti air luar biasa.Namun, konsumsi soju bersamaan dengan samgyupsal atau perut babi hanya, punya perpaduan rasa yang berbeda.

Lemak yang terasa di mulut usai mengonsumsi perut babi disebut mudah hilang dengan rasa soju, dan dengan demikian Anda siap untuk makanan berikutnya lagi.

2. Ayam Goreng Korea

Ilustrasi ayam dan kulit ayam goreng.

Photo :
  • Pixabay

Ayam goreng Korea adalah makanan pokok bagi masyarakat Korea, sama seperti soju! Sementara ayam goreng Korea biasanya dipasangkan dengan bir, soju juga melakukan pekerjaan dengan spektakuler. Tekstur berminyak dari ayam goreng cocok dengan rasa soju yang menyegarkan.

Mengonsumsi soju bersamaan dengan ayam goreng mungkin tidak semuanya setuju. Namun ayam goreng Korea terasa lebih enak dengan soju bagi sebagian orang.

3. Cumi-cumi Kering

Ilustrasi dalam mengolah makanan cumi.

Photo :
  • 2.bp.blogspot.com

 

Cumi-cumi kering sangat penting jika Anda berpikir ingin menikmati soju di malam hari. Cumi-cumi kering bisa dibilang 'anju' (atau camilan minum Korea) yang paling populer, di semua meja masyarakat Korea sebagai peneman minum soju anda.

Cumi-cumi kering merupakan jenis makanan yang sangat asin dan sangat kenyal yang merupakan pengalaman palet dan juga pengalaman mengunyah. Orang-orang tidak hanya memakannya karena rasa, mereka memakannya untuk mengunyah sesuatu yang sulit sambil melakukan percakapan mendalam tentang keseharian mereka.

4. Jokbal (kaki babi)

Jokbal adalah hidangan klasik Korea yang biasanya dimakan dengan soju. Jokbal pada dasarnya adalah kaki babi yang direbus dalam kecap dan bumbu lainnya.

Meskipun mungkin tidak terdengar menarik bagi banyak orang, namun ini sebenarnya pengalaman yang cukup. Sebab jokbal akan  disajikan panas dan memiliki tekstur yang empuk. Anda bisa melahap jokbal sambil membersihkan mulut dengan soju. 

5. Kerang Panggang (Jogae Gui)

Ilustrasi Kerang

Photo :
  • VIVA.co.id/Dodi Handoko

Di Korea, ketika bepergian ke desa tepi laut, penting bagi Anda untuk makan di Open restoran dekat pantai yang menjual kerang panggang. Anda juga perlu mengkombinasikannya dengan beberapa soju untuk pengalaman terbaik.

Itulah yang dilakukan orang Korea! Liburan khas Korea adalah keluar dari kota dan bersantai di suatu tempat di dekat pantai, hanya untuk memakan kerang panggang.

6.Tteokbokki

Siapa tak kenal dengan makanan ini. Makanan yang sering dijumpai di Korean Drama ini adalah camilan dari kue beras bercita rasa pedas. Makanan ini dapat dijumpai di hampir setiap jalan di Korea melalui gerobak makanan ringan jalanan.

Tteokbokki dan soju adalah salah satu makanan termudah yang dapat Anda konsumsi saat bertemu dengan teman-teman saat berada di Korea. Kepedasan kue beras disambut dengan rasa soju yang menyegarkan.

7. Maeuntang (Sup Ikan Pedas)

Sup Ikan Patin

Photo :
  • Cookpad/Annisa

Maeuntang adalah sup ikan pedas yang sangat populer dengan soju di Korea. Menu ini adalah rebusan yang memiliki rasa dan aroma krisan yang unik. Meuntang ini berkombinasi sempurna bersama soju, dengan rasa yang kuat dan kemampuan soju untuk membersihkan minyak dari ikan.

Anda sebenarnya bisa melihat adegan di K-drama 'Fight For My Way' (Park Seo Joon dan Kim Ji-l Won), di mana ayah Ae Ra menjalankan restoran yang menyajikan maeuntang dengan soju!

8. Haemul Pajeon (Pancake Seafood)

Pancake seafood adalah salah satu hidangan Korea yang paling populer, dan rasa serta minyaknya sangat cocok dengan soju.

Jika Anda belum pernah mengetahuinya sebelumnya, haemul pajeon adalah pancake seafood dengan cita rasa gurih yang dibuat dengan potongan seafood cincang dan daun bawang, dan disajikan dengan saus celup yakni semacam shoyu.

9. Budae Jjigae

Budaejjigae adalah sup Korea yang pedas, dan merupakan comfort food musim dingin terbaik. Budae Jigaw adalah hot pot yang berisikan dengan segala macam makanan, seperti spam, kue beras, jamur, sosis, mie ramen, dan masih banyak lagi! Pada malam musim dingin, Budae Jiggai yang dipasangkan dengan soju ini akan mengirim Anda langsung ke surga.

10. Mi Instan Korea

Banyak orang di Korea yang ingin minum sedikit soju tetapi tidak ingin pergi ke restoran yang mahal.  Mereka dapat dengan mudah menuju pegi ke toserba lokal, dan membuat ramen sendiri (ya, sebagian besar toko serba ada di Korea akan memiliki tempat pembuatan ramen sendiri), dan makan di luar dengan sebotol soju. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya