Pentingnya Peran Orangtua Tentukan Asupan Gizi Anak

Ilustrasi pola makan anak
Sumber :
  • Pixabay/heikeschuchert

VIVA.co.id – Peran orangtua ternyata memiliki pengaruh yang besar bagi perkembangan anak. Perkembangan anak erat kaitannya dengan kebutuhan gizi yang seimbang. Tentu saja, dalam hal ini asupan makanan sehat terbentuk dari keluarga inti tempat anak tumbuh dewasa.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

"Orang tua harus menjaga anggota keluarganya tetap mempertahankan keseimbangan asupan gizi maupun dehidrasi," ujar Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, spesialis gizi klinik di acara buka puasa bersama Danone Indonesia di Pullman Hotel, Jakarta, Selasa 21 Juni 2016.

Dari data yang ada, ia menunjukkan bahwa angka malnutrisi di Indonesia cukup tinggi. Malnutrisi sendiri mencakup dua hal yaitu underweight dan overweight.

Jurus Ampuh Papua Basmi Stunting, Dokter Hasto Berikan Strategi Jitu

"Malnutrisi itu artinya nutrisi yang salah, jadi bisa ia terlalu gemuk atau terlalu kurus," katanya.

Peran orangtua sendiri dalam mencegah malnutrisi terjadi yaitu menyediakan makanan yang bergizi dan seimbang kepada buah hati. Tidak hanya itu, memberikan contoh asupan yang bergizi harus ditunjukkan sejak dini.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

"Keluarga memiliki peran yang sangat berarti dalam menjaga asupan gizi dan air pada tubuh anak,"ujarnya.

Dokter yang berprofesi sebagai pengajar itu juga menyarankan agar orangtua memahami berbagai asupan gizi yang diberikan kepada anak. Peran penting lainnya yaitu menunjukkannya langsung di hadapan anak agar si kecil bisa memahaminya secara perlahan.

"Misalnya orangtua suka makan sayur, anak kalau sering melihat pasti lama-lama penasaran dan mau ikutan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya