Panduan Lengkap Bersihkan Dapur Enggak Pakai Ribet

Ilustrasi dapur.
Sumber :
  • Pixabay/Skitterphoto

VIVA – Hanya tinggal menghitung hari sebelum datangnya libur akhir tahun. Jika belum memiliki rencana apa pun untuk mengisi aktivitas liburan, hal positif berikut ini dapat menjadi pilihan dalam mengisi waktu di saat libur akhir tahun ini.

Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Jika biasanya Anda tidak memiliki waktu senggang untuk membersihkan rumah Anda secara menyeluruh, salah satunya adalah ruangan dapur, libur akhir tahun ini adalah waktu yang tepat untuk membersihkannya.

Dilansir dari laman Real Simple, Kamis, 21 Desember 2017, berikut ini adalah beberapa tips membersihkan dapur yang dapat membantu Anda.

Moms! Masak Jauh Lebih Efisien Kalau Punya 4 Small Cooking Appliances Ini

Lemari es

Bagian pertama yang dapat dibersihkan adalah lemari es karena perannya yang penting untuk menyimpan bahan makanan. Pertama keluarkan semua makanan yang ada di dalamnya. Periksa tanggal kedaluwarsa pada semua produk. Bersihkan menggunakan kain lap, sabun dan air panas.

Punya Dapur Dicap Mampu? Warga Miskin Jakarta Dicoret dari KJP Plus dan KJMU

Diamkan sesaat lalu berikan tetesan ekstrak vanila untuk mengusir bau tidak sedap. Setelahnya, letakkan kembali seluruh bahan makanan yang sudah dicek tanggal kedaluwarsanya ke dalam lemari es Anda.

Microwave

Pertama bukalah pintu microwave agar udara di dalamnya ke luar, lalu bersihkan menggunakan campuran sabun dan air. Ketika membersihkan microwave, sebaiknya gunakan kain microfiber yang memiliki bulu-bulu yang sangat halus, sehingga dapat mengurangi risiko bagian microwave tergores.

Microwave.

Meja kitchen set

Meja kitchen set merupakan salah satu bagian dapur yang paling sering untuk digunakan, mulai untuk memotong bahan masakan, hingga sebagai tempat meletakkan makanan yang telah jadi. Untuk itu, pastikan seluruh permukaan meja terjamin kebersihannya.

Bersihkan dengan kain lap lembap, lalu gosok ke seluruh permukaan meja. Perhatikan setiap celah pada sudut meja sehingga tidak ada sisa debu yang menempel.

Ilustrasi dapur.

Kompor

Kompor mungkin menjadi salah satu tempat yang paling kotor di dapur jika tidak sering dibersihkan. Itu karena masakan sering menetest dan tumpah, mengenai celah bagian kompor. Sebaiknya bersihkan setiap sudut kompor dengan spons. Sedangkan untuk sela-sela kecil, Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas untuk menjangkaunya.

nyala api - kompor - api biru - gas

Penyaring tempat mencuci piring

Penyaring tempat mencuci piring dapat menjadi salah satu tempat dengan aroma yang paling tidak sedap di dapur. Terutama ketika sehabis mencuci piring, Anda tidak langsung membersihkan tempat penyaringan tersebut.

Sisa makanan yang terdapat pada piring kotor Anda akan mengendap dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah dengan menggunakan gabungan air perasan lemon, atau jeruk yang dituang pada penyaring tempat cuci piring di dapur Anda.

Ilustrasi wastafel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya