Tips Rayakan 17 Agustusan di Rumah, Ajarkan Anak Nasionalisme

siswa-siswi bule rayakan lomba 17 agustusan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus tahun ini terasa begitu berbeda. Hal ini lantaran adanya pandemi COVID-19, karena adanya pandemi sejumlah kegiatan seperti perlombaan Agustusan terpaksa tidak digelar.

5 Potret Keluarga Artis Kompak Pakai Baju Merah Putih Rayakan HUT RI Ke-78

Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Tentu saja hal ini membuat anak-anak merasa sedih lantaran tidak bisa menikmati waktu bermain dan berlomba bersama teman-teman seusia mereka.

Meski begitu, dengan adanya pandemi bukan berarti anak-anak tidak bisa merayakan 17 Agustusan hanya berdiam diri di rumah. Sejumlah kegiatan lomba 17an juga bisa digelar di rumah.

Jokowi Ungkap Rencana Upacara HUT RI Tahun 2024 di IKN Nusantara

Bahkan sejumlah kegiatan juga dapat mengajarkan nilai nasionalisme pada anak-anak.

Baca juga: Ini Tarif Manggung Penyanyi Top Wanita, Agnez Mo hingga Ayu Ting Ting

Lomba Virtual di Rumah Berhadiah Keren dari Ecohome

Spesialis anak, dr. Mesty Ariotedjo menjelaskan ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan orang tua dalam merayakan 17 Agustusan sambil menanamkan nilai nasionalisme pada anak-anak. Salah satunya dengan menggambar atau mewarnai.

"Menggambar atau mewarnai, nanti orang tua tinggal print peta Indonesia untuk mewarnai. Di situ sekalian story telling, 'kita tinggal di Jakarta makanan khasnya apa ya' di situ timbul nasionalisme. 'Oh Indonesia pulaunya banyak sekali ya' dari peta itu kita bisa banyak belajar," kata Mesty dalam acara Talkshow mom, baby and kids online fair di Tokopedia Play, Kamis sore 13 Agustus 2020.

Selain itu, anak-anak juga bisa menggelar kegiatan lomba khas 17-an di rumah. Sebut saja lomba makan kerupuk atau lomba bermain kelereng, di dalam rumah.

Baca juga: Hubungan dengan Aurel Disebut Settingan, Ini Kata Atta Halilintar

"Kita juga bisa aktivitas-aktivitas lain yang biasanya 17 Agustusan kayak lomba makan kerupuk sama anak itu juga seru. Atau bermain kelereng selain melatih keseimbangan juga melatih motorik halus. Jadi banyak sekali aktivitasnya," kata Mesty.

Nantinya, orang tua bisa menggantungkan kerupuk di area seperti di rel gorden yang tingginya bisa disesuaikan dengan kemampuan jangkauan anak.

Untuk kegiatan lomba kelereng bisa dilakukan di halaman rumah dengan membuat satu atau dua putaran untuk menentukan siapa pemenangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya