Kurang Asam Folat di Trimester Awal, Spina Bifida Akibatnya

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Nutrisi di masa kehamilan menjadi yang sangat krusial untuk tumbuh kembang si kecil. Di usia kehamilan trimester awal, para ibu disarankan mengonsumsi dua makanan sumber gizi terpenting untuk janinnya.

Cerita Dokter Boyke Tangani Pasien 2 SMP yang Perawan Tapi Hamil, Kok Bisa?

Nutrisi di masa kehamilan hendaknya dimulai sejak terjadinya konsepsi, dan diteruskan sampai usia 1.000 hari kehidupan (bayi usia dua tahun). Hal ini karena pembentukan organ janin dimulai sejak masa konsepsi.

"Nutrisi semasa kehamilan trimester pertama sangat penting, karena di masa ini pembelahan sel janin terjadi sangat cepat untuk pembentukan organ. Dua zat gizi penting di trimester pertama adalah zat besi dan asam folat," ujar spesialis gizi klinis, dr. Julia Dewi Nerfina, Mgizi, SpGK., kepada VIVA saat ditemui beberapa waktu lalu.

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Kebutuhan zat besi (Fe) selama hamil meningkat karena volume darah ibu meningkat. Kebutuhan Fe pada wanita dewasa adalah 14-16 gram, tetapi pada ibu hamil ditambah 20 gram.

"Sedangkan kebutuhan asam folat untuk ibu hamil sekitar 600 mikrogram. Kekurangan atau defisiensi asam folat adalah spinabifida yaitu tidak tertutupnya selubung saraf tulang belakang," ujarnya.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Bahaya dari tidak tertutupnya selubung saraf tulang belakang adalah tidak terkoordinasinya fungsi saraf-saraf yang dibutuhkan tubuh saat beraktivitas. Untuk itu, Julia menyebutkan beberapa makanan yang mudah dijangkau sebagai sumber gizi zat besi dan asam folat.

"Sumber gizi keduanya bisa ditemukan di beberapa makanan seperti hati ayam, kacang kedelai, kacang merah, sayur bayam, dan asparagus,” ucapnya menambahkan.

Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024