Delegasi W20 Danau Toba Bakal Dapat Oleh-oleh Istimewa, Apa Itu?

Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan (tengah).
Sumber :
  • VIVA/B.S.Putra.

VIVA Travel – Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) menjadi salah satu pihak pelaksana Women 20 (W20) Summit di Danau Toba, yang berlangsung 19 – 21 Juli 2022. Pelaksanaan W20 akan berlangsung di The Caldera Resort (TCR) di Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan menjelasan mengenai pelaksanaan W20 di TCR pada hari kedua, Rabu 20 Juli 2022. Segala persiapan sudah dilakukan oleh pihak BPODT untuk menyambut kehadiran para delegasi negara sebagai anggota W20 itu.

"BPODT mendapatkan kehormatan untuk turut berpartisipasi dalam event internasional tersebut. BPODT akan menjadi Host Event pada tanggal 20 Juli 2022 di hari Rabu atau hari kedua. Kita harapkan ada penandatanganan kesepakatan dan kolaborasi negara-negara W20 terkait pariwisata internasional," ucap Jimmy dalam jumpa pers di Kota Medan, Selasa sore, 12 Juli 2022.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Jimmy mengungkapkan, para delegasi yang hadir dalam pelaksanaan W20 di TCR akan disuguhkan sejumlah kegiatan, seperti pelepasan burung perkutut, ikan nila dan ikan mujahir. Kemudian, penanaman pohon sebagai wujud pelestarian lingkungan dan alam Danau Toba.

Danau Toba.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra
Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

"Dalam rangkaian acara dirangkai dengan penanaman berbagai jenis pohon dan akan menjadikan taman W20 Summit. Kemudian, rencana ada pelepasan burung alam bebas burung endemik, yakni perkutut dan menabur ikan endemik seperti ikan nila dan mujahir. Dengan terikat dengan isu-isu lingkungan hidup," jelasnya.

Jimmy mengatakan, perlunya menjaga dan melestarikan lingkungan Danau Toba. Karena, menjual pariwisata Danau Toba paling utama keindahan alam dan budayanya.

"Apalagi, pariwisata Danau Toba tidak bisa dipisahkan dengan kelestarian lingkungan hidup. Jualan utama lingkungan, alam dan budayanya," ucap Jimmy.

Selanjutnya, para delegasi akan menikmati alam Danau Toba dengan menyeberang ke Kabupaten Samosir dengan menumpang KMP Kaldera Toba.

Direktur Utama BPODT, Jimmy Bernando Panjaitan (tengah).

Photo :
  • VIVA/B.S.Putra.

"Kita akan jelaskan Danau Toba dari mitosnya dan sisi geologis. Karena, sangat perlu kita jelaskan dua sesi itu. Danau Toba, danau vulkanik terbesar di Dunia," sebut Jimmy.

Tiba di Kabupaten Samosir, Jimmy mengungkapkan para delegasi akan disajikan pertunjukkan budaya dengan mengunjungi Huta Siallagan. Di lokasi tersebut, para peserta W20 akan mendapatkan penjelasan terkait dengan peninggalan budaya Batak.

"Delegasi akan mengunjungi Huta Siallagan dan akan disambut oleh Pemerintah Kabupaten Samosir. Akan disajikan kebudayaan dan tarian serta batu persidangan dan para delegasi akan melakukan tarian tor-tor bersama," kata Jimmy.

Kemudian, dengan menumpang Kapal Ferry, mereka kembali ke Hotel Niagara di Parapat, tempat delegasi menginap dan dilanjutkan makan malam serta pertunjukan pentas budaya. Jimmy mengatakan untuk kegiatan ini, pihaknya bekerjasama dengan Toba Tenun.

Pengrajin kain ulos Tapanuli Utara

Photo :
  • VIVA.co.id/Ichsan Suhendra

Tidak sampai di situ saja, Jimmy mengungkapkan BPODT menginisiasi pameran produk-produk ekonomi kreatif berasal dari UMKM-UMKM lokal di sekitar Danau Toba.

"Dalam menyukseskan W20, BPODT menginisiasi pameran UMKM selama 10 hari dari tanggal 15 sampai 24 Juli 2022 di Pantai Bebas Parapat," ucapnya.

Dalam pameran UMKM ini, lanjut Jimmy, pihaknya bekerja sama dan berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI), PLN, 8 Pemerintah Kabupaten dan Dekranasda di Kawasan Danau Toba dan pihak-pihak lain.

"Ada juga pameran sepeda motor dan mobil listrik dari PLN sebagai promosi kendaraan ramah lingkungan dan kita akan jadikan Danau Toba pariwisata ramah lingkungan," tuturnya.

Ilustrasi Petani memanen kopi jenis arabika

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Selain pameran UMKM, Jimmy mengatakan BPODT akan memberikan oleh-oleh untuk dibawa pulang para delegasi ke negaranya masing-masing berupa produk-produk ekonomi kreatif dari UMKM lokal, seperti ulos, kopi hingga suvenir lainnya.

"Nanti di bawah pulang oleh para delegasi negara adalah produk UMKM lokal, dalam kemasan sudah baik dan keren. Kita berikan teh dan kopi dari petani lokal," pungkas Jimmy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya