Sinar Wulandari Palembai, Jebolan Puteri Indonesia Kini Jadi Pramugari Maskapai Arab

Sinar Wulandari Palembai.
Sumber :
  • Dok. Sinar Wulandari Palembai

VIVA Travel – Menjadi seorang flight attendant atau pramugari merupakan mimpi bagi sebagian orang Indonesia. Karier itulah yang coba dipilih oleh Sinar Wulandari Palembai, perempuan cantik asal Palu, Sulawesi Tengah.

Parlemen Arab Desakkan Investigasi Internasional Kejahatan Israel di Gaza

Saat ini, Sinar tercatat bekerja sebagai pramugari di salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia asal Negara Arab Saudi, yaitu SAUDIA atau Saudia Airlines. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya. 

Namun siapa sangka, sebelum menjadi kru pesawat asing, Sinar lebih dulu berkarier di maskapai dalam negeri hingga kemudian merambah mengikuti kontes kecantikan Puteri Indonesia

Kenang Ibunda Mooryati Soedibyo, Putri: Beliau Mengajarkan Kami dengan Contoh

Ya, Sinar Wulandari Palembai tercatat sebagai Puteri Indonesia Sulawesi Tengah tahun 2018. Ia ikut bersaing dengan puluhan perempuan Indonesia lainnya di kontes kecantikan ikonik tersebut di tingkat nasional.

Pernah Jadi Puteri Indonesia, Angelina Sondakh Ungkap Kenangan dengan Mooryati Soedibyo

"Di tahun 2018, saya berhasil terpilih sebagai perwakilan provinsi kelahiran saya Sulawesi Tengah di ajang Puteri Indonesia sehingga mendapat gelar Puteri Indonesia Sulawesi Tengah 2018," kata perempuan kelahiran 1995 tersebut, dalam keterangannya, dikutip Selasa 9 Mei 2023. 

Untuk sampai di posisi saat ini, nyatanya Sinar harus merasakan pahit getir nasib seorang perantauan. Sinar datang ke Jakarta di tahun 2013, saat usianya masih 18 tahun.

Mantan anggota Paskibraka Provinsi Sulawesi Tengah itu nekat datang ke ibu kota untuk mendaftar sebagai pramugari maskapai Sriwijaya Air. Tak punya saudara dan cukup uang di Jakarta, Sinar mengaku harus naik TransJakarta dilanjut jalan kaki untuk sampai ke lokasi interview.

"Saya sempat gak cukup duit untuk naik ojek akhirnya memilih jalan kaki ke tempat interview dan hujan badai. Akhirnya pakaian saya saat itu basah semua dari ujung rambut sampai ujung kaki," kenang Sinar.

Namun Tuhan Maha Baik, Sinar lolos tahap wawancara dan berhasil mewujudkan mimpinya sebagai pramugari. Merasa belum cukup, Sinar mencoba peruntungan di dunia model pada 2016. Dia terus mengembangkan diri dan mengikuti kontes Puteri Indonesia hingga akhirnya mendapat gelar Puteri Indonesia Sulawesi Tengah 2018.

Sinar Wulandari Palembai.

Photo :
  • Dok. Sinar Wulandari Palembai

"Setelah pemilihan Puteri Indonesia selesai, saya sering dipilih menjadi perwakilan maskapai Sriwijaya Air untuk pertemuan besar seperti bertemu dengan orang penting seperti gubernur dan para menteri," tambahnya.

Tahun 2018 tampaknya menjadi tahun baik bagi Sinar. Pada November 2018, ia pindah ke Jeddah, Arab Saudi karena diterima sebagai salah satu pramugari SAUDIA. Hanya saja, semua terhenti pada 2020 di mana pandemi COVID-19 melanda dunia. Hampir semua maskapai penerbangan tiarap, dan ribuan pramugari dirumahkan.

Untungnya, Sinar sudah memiliki cukup modal untuk bertahan. Ia pun memutuskan memakai media sosial Instagram sebagai celah untuk terus berkembang. Sinar pun gemar melakukan review produk kecantikan dan skincare di kanal pribadinya.

"Saya tidak menyangka hasil keisengan saya di Instagram membuat saya menerima banyak produk skincare dari Korea, Indonesia, Arab Saudi dan Amerika Serikat dengan nilai yang tidak murah," kata dia. 

"Saya juga tidak menyangka bisa diundang oleh brand tas Tumi di acara F1 Saudi Arabia. Hingga saat ini saya masih aktif melakukan review untuk beberapa skincare brand," tambahnya.

Kini, Sinar sudah kembali bekerja aktif sebagai pramugari di SAUDIA. Ke depan, ia tak menutup kemungkinan untuk kembali fokus terjun di dunia entertainment Tanah Air.

"Saat ini saya masih fokus pada pekerjaan utama saya sebagai pramugari dan juga bekerja paruh waktu secara online lewat media sosial. Tapi jika ada tawaran di dunia entertainment, selama itu baik dan bermanfaat, kenapa tidak," pungkas Sinar Wulandari Palembai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya