5 Rekomendasi Tempat Wisata di Pangalengan Bandung dengan Pemandangan Bak Surga

Kebun Teh Malabar
Sumber :
  • Instagram

BANDUNG – Jelang liburan akhir tahun, banyak orang mulai merencanakan pergi ke tempat wisata. Salah satu tujuan wisata yang masih populer adalah wisata alam, mulai dari gunung, laut, sungai, hingga danau.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Bicara tentang destinasi wisata alam, kota yang paling sering terlintas di pikiran adalah Bandung. Kota yang terletak di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut ini dikenal dengan berbagai keindahan wisata alamnya yang sangat cocok untuk tujuan healing atau melepaskan penat.

Berikut ini adalah rekomendasi wisata alam di Pangalengan, Bandung, yang cocok untuk healing karena keindahan panoramanya bak surga dunia.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

1. Perkebunan Teh Malabar

Kebun Teh Malabar

Photo :
  • Instagram
KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Berkunjung ke Bandung tidak lengkap jika belum berfoto ria di perkebunan teh. Pemandangan perkebunan teh Malabar memiliki daya tarik tersendiri karena pengunjung bisa memandang hamparan pegunungan teh seluas 2.000 hektar dengan danau dan pegunungan yang hijau.

Udara di sekitar perkebunan teh ini segar dan sejuk sehingga sangat cocok untuk melepaskan penat. Selain pemandangan alam, tempat ini juga punya tempat bersejarah yakni makam seorang manajer perkebunan teh zaman dahulu yang bernama Karel Rudolf Bosscha. Ada juga museum dan wisma Karel Rudolf Bosscha di area camping.

Tempat ini buka setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB dengan biaya Rp 10 ribu untuk tiket masuk mobil.

2. Curug Penganten

Pecinta wisata air terjun sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke tempat yang menenangkan satu ini. Air terjun ini diberi nama Curug Penganten karena ada dua aliran air terjun yang saling berdampingan seperti sepasang pengantin yang duduk di pelaminan.

Area sekitar curug dikelilingi dengan pepohonan yang hijau membuat siapapun merasa tenang, ditambah lagi dengan udara segar nan sejuknya.

3. Situ Cileunca

Situ Cileunca wajib masuk ke daftar tempat yang harus dikunjungi saat berada di Bandung. Tempat ini adalah danau buatan yang terbentuk dari bendungan aliran Sungai Cileunca. Pengunjung yang datang tidak hanya bisa menikmati pemandangan, tetapi juga bisa melakukan kegiatan menarik seperti rafting, flying fox, offroad land rover, hingga berkemah.

4. Sungai Palayangan

Duduk sambil memandangi panorama di sekitar Sungai Palayangan yang dikelilingi oleh pepohonan tinggi tentu memberikan ketenangan hati. Tetapi, jika berkunjung ke tempat ini, belum lengkap tanpa merasakan derasnya aliran sungai dengan arung jeram. Area rafting dari sungai ini mengalir dari Situ Cileunca ke Hutan Pinus Rahong dengan tingkat kesulitan yang beragam. Pengunjung akan melihat jajaran hutan pinus, perkebunan teh dan perkebunan sayuran sepanjang perjalanan.

Sungai ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut sehingga hawa dingin mengelilinginya.

5. Gunung Wayang

Gunung Wayang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung ingin berlama-lama di tempat ini. Berbeda dengan gunung pada umumnya yang hanya dikelilingi pepohonan, Gunung Wayang juga dikelilingi oleh hamparan perkebunan teh yang hijau. Di sekitar Gunung Wayang terdapat area wisata Wayang windu Panenjoan yang punya fasilitas jembatan kayu yang membentang di tengah kebun teh.

Ada juga beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan seperti ATV dan berkemah. Tersedia juga warung dan gazebo yang dapat disewa. Tempat ini beroperasi mulai pukul 07.00-18.00 WIB setiap hari dengan harga tiket Rp 10 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya