Pasukan Elite Rusia Ganyang Tentara Ukraina di Front Tenggara

VIVA Militer: Ledakan di basis militer Ukraina usai serangan pasukan Rusia
Sumber :
  • rferl.org

VIVA – Operasi kontra-ofensif militer Ukraina berlanjut di front tenggara, tepatnya di daerah Zaporizhzhia, Senin 26 Juni 2023. Penyergapan pasukan infanteri dan tembakan artileri, terus dilakukan oleh pasukan Volodymyr Zelensky.

Prabowo Bocorkan Gaya Kepemimpinannya: Saya Ingin Jadi Diri Sendiri dengan Tulus

Di wilayah ini, tentara Ukraina harus berhadapan dengan satuan elite Spetsnaz Rusia yang tergabung dalam Batalyon Vostok (Timur).

Meskipun unggul dalam jumlah, unit Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) justru kewalahan menghadapi kemampuan tempur pasukan khusus Rusia.

Aksi Serda Hari Prajurit Kopaska TNI AL yang Bikin Takjub 1.000 Atlet Mancanegara di Vietnam

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, pasukan dari Batalyon Vostok berhasil menggagalkan upaya penerobosan dan menangkis dua kali serangan besar militer Rusia.

VIVA Militer: Bangkai Tank Tempur Utama (MBT) Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)

Photo :
  • Twitter/@JackDetsch
TNI AL dan Angkatan Laut Singapura Gelar Latihan Memburu Ranjau Laut di Perairan Kepri

Kabar keberhasilan pasukan timur Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) dikonfirmasi oleh Juru Bicara Batalyon Vostok, Letnan Kolonel Oleh Chehkov.

"Di daerah Zaporizhzhia unit senapan bermotor dari Kelompok Tempur Timur menggagalkan dua serangan musuh di dekat pemukiman Priyutnoye. Pasukan Rusia menghancurkan tank nasionalis (Ukraina), kendaraan tempur lapis baja, dan personel," ujar Chehkov.

Lebih lanjut Chehkov mengatakan, pasukan Ukraina tidak lagi berupaya keras menembus barikade di front selatan Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan memilih untuk berkumpul kembali di desa Vodyanoye.

Sementara itu, unit militer Rusia dari Batalyon Vostok juga menyerang basis tentara Ukraina di daerah Makarovka dan Novodonetskoye dengan menggunakan jet tempur dan helikopter serbu.

VIVA Militer: Serangan udara militer Rusia menghancurkan meriam Msta-b Ukraina

Photo :
  • Youtube

"Artileri Rusia menyerang daerah di mana tenaga musuh terkonsentrasi di selatan pemukiman Vodyanoye," kata Chekhov melanjutkan.

"Serangan juga dilakukan pada kelompok militan di dekat Makarovka dan Novodonetskoye dari pesawat tempur dan helikopter Rusia," ucapnya.

Kemudian, aksi pengintaian yang dilakukan oleh tentara Ukraina juga menemui jalan bunty di wilayah Novodanylivka.

Pergerakan pengintai yang diketahui pihak Rusia, membuat pasukan Ukraina harus merasakan serangan dahsyat artileri hingga mundur ke daerah Malaya dan Tokmachka. Sejumlah kendaraan lapis baja dan meriam militer Ukraina hancur dalam serangan ini.

VIVA Militer: Serangan artileri militer Rusia di Ukraina

Photo :
  • sputniknews.com

"Sebuah howitzer Msta-B terkena tembakan balasan di dekat Preobrazhenka. Helikopter Angkatan Darat melancarkan serangan di daerah di mana pasukan Ukraina berkumpul di dekat Levadnoye dan Novodanilovka," ujar Chekhov.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya